Agus Salim Pramuka Pandega UIN Raden Fatah Raih Lencana Teladan Tingkat Nasional

Pramuka Pandega Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Agus Salim menerima penghargaan

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Prawira Maulana
IST
Pramuka Pandega Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Agus Salim menerima penghargaan sebagai pramuka teladan tingkat nasional tahun 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG - Pramuka Pandega Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Agus Salim menerima penghargaan sebagai pramuka teladan tingkat nasional tahun 2021. 

Penghargaan tersebut disematkan oleh Ketua Kwartir Nasional  Gerakan Pramuka Komjen (purn) Budi Waseso dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Gedung Pandansari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur pagi ini, Sabtu (14/8/2021). 

Agus Salim dalam kesempatan tersebut dianugerahi Lencana Teladan yang merupakan tanda penghargaan tertinggi bagi Pramuka yang berusia 7 – 25 tahun.

Persyaratan utama penerima lencana adalah telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usahanya, tanggungjawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramah-tamahan serta ahlak yang luhur sehingga dirinya menjadi suri teladan yang baik bagi keluarga, masyarakat, anggota Gerakan Pramuka, bangsa, dan negara.

 
Penerima Lencana Teladan juga harus telah mendapat pencapaian tertinggi berupa Tanda Pramuka Garuda, dalam hal ini Agus telah menerimanya di tingkat Kota Palembang pada tahun 2018 dan kini turut menjadi anggota Association of Top Achiever Scouts yang merupakan wadah perkumpulan Pramuka/Pandu sedunia yang telah mencapai tingkatan tertinggi di negaranya masing-masing. 

Agus Salim saat dihubungi Tribunsumsel.com mengaku sangat bersyukur dan tak menyangka akan mendapatkan penghargaan bergengsi ini.

"Jadi untuk mendapatkan penghargaan pramuka teladan ini prosesnya sangat panjang, mulai dari calon pandega, setelah itu menjadi pandega di UIN Raden Fatah Palembang, setalah menjadi pandega tentunya masih ada proses yaitu seleksi pramuka garuda di Kwartir Cabang Kota Palembang pada tahun 2018," ujarnya, Sabtu (14/8/2021).

Untuk tahun 2021 ini, berkat arahan pembina gugus depan mengajukan berkas usulan penerima penghargaan ke kwartir cabang, dari kwartir cabang lalu disampaikan ke kwartir daerah sumatera selatan untuk diteruskan ke kwartir nasional.

"Sebenarnya tidak menyangka bisa lolos tahap seleksi dewan kehormatan di kwartir nasional, sehingga ditetapkan sebagai salah satu penerima tanda penghargaan dari kwartir nasional ini," ujarnya. 

" Saya juga sangat bangga dan terharu, karena ini merupakan penghargaan tertinggi bagi peserta didik Gerakan Pramuka. Dan ini juga menjadi  kado terindah ulang tahun saya ditahun ini”tambah pemuda yang lahir tanggal 12 Agustus 1996 ini. 

Atas diraihnya penghargaan ini, besar keinginannya untuk lebih memberi manfaat dalam Gerakan Pramuka, karena menurutnya apa yang telah diperbuatnya saat ini belumlah besar bila dibandingkan pramuka-pramuka teladan lainnya yang telah membawa harum nama Gerakan Pramuka di tengah-tengah masyarakat.

 “Apa yang telah saya lakukan belum sebanding dengan yang lainnya, pencapaian yang didapat hari ini justru mencambuk saya untuk lebih banyak berbuat dalam Gerakan Pramuka,” ungkapnya.

Penghargaan ini diberikan pada hari ini 14 Agustus 2021 pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Tingkat Nasional ke-60 Tahun 2021 di Gedung Pandansari TRW Cibubur, yang dihadiri langsung secara virtual oleh Presiden RI selaku pembina upacara.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang., Prof Dr Nyayu Khodijah, SAg MSi mengatakan secara Pribadi dan tentu sebagai Rektor UIN Raden Fatah mengucapkan selamat dan bangga atas raihan prestasi yang telah dicapai oleh adik Agus Salim, sebagai penerima penghargaan Pramuka Teladan.

“Penghargaan ini merupakan yang Pertama diterima oleh anggota Pramuka di Sumatera Selatan, hal ini sangat membanggakan dan tentu memantika harapan saya agar prestasi ini akan memacu dan mendorong anggota Pramuka yang lain untuk mengikuti jejak adinda Agus Salim," ujarnya.

Beliau juga meminta agar jajaran Gugusdepan Pramuka UIN Raden Fatah Palembang, tidak puas dengan apa yang telah diperoleh. 

"Saya berharap kepada Pembina Gugus depan UIN Raden Fatah Palembang beserta segenap jajaran, untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi, untuk memberi lebih banyak lagi manfaat bagi pembinaan dan pengembangan Gudep UIN Raden Fatah Palembang." tambahnya 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved