Breaking News:

Peneliti dari 4 Universitas Datangi Lembaga Adat Komering

Peneliti dari 4 Universitas mendatangi kediaman lembaga adat komering yang berada di Desa Pulau Negara,

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Prawira Maulana
EDO P
Dr Meita Istianda, S.IP, M.Si, Kemas A Rachman Panji S.Pd, M.Si ( Peneliti UIN Raden Fatah Palembang) bersama Ketua lembaga adat komering H Leo Budi Rachmadi SE dan Kabid Kebudayaan Disdikbud OKU Timur M Ridwan, S.Pd, MM 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA - Peneliti dari 4 Universitas mendatangi kediaman lembaga adat komering yang berada di Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur.

Kehadiran para peneliti ataupun akademisi tersebut bertujuan untuk meneliti Sosio Kultural perbedaan masa pemerintahan "marga" komering dan masa sekarang.

Para peneliti tersebut berasal dari Universitas Terbuka (UT), Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah dan Universitas PGRI Palembang.

Dr Meita Istianda, S.IP, M.Si ketua penelitian dari Universitas Terbuka mengatakan, sebenarnya ini penelitian dari UT hanya saja memang dibutuhkan kolaborasi karena ilmu itu sifatnya multidisiplin.

"Sehingga akan lebih kaya, jadi sekali jalan kelapangan bisa dilihat dari persprektif sejarah, politik dan ekonominya," bebernya, Sabtu (13/7/2021).

Terkait penelitian yang ia lakukan, ia mengatakan, masa pemerintahan marga menjadi bagian yang penting bagi kebudayaan komering.

Dikatakan Dr Meita bahwa sistem marganya terdahulu sistem adatnya sudah bisa mengatur sehingga tercipta ketertiban sosial.

Kalau dulu, sambungnya, sistem itu mampu untuk membuat masyarakat bisa melakukan ekonomi yang baik dan tertata.

"Lebih tertata mana daerah yang bisa digali sumber daya alamnya seperti menanam obat - obatan. Saya rasa tidak ada lagi di zaman sekarang," ucap dia.

Menurutnya, upaya pelestaruan adat dan budaya di OKU Timur saat ini sudah cukup baik karena sudah terbentuk lembaga adat sebagai wadah kebudayaan itu sendiri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved