Breaking News:

Arti Kata

Apa Itu Rubber Game di Bulutangkis? Berikut Pengertian dan Aturannya, Penggemar Badminton Harus Tahu

Dalam olahraga bulutangkis istilah Rubber Game atau Rubber Set tentu sering dijumpai, namun apa yang dimaksud dari istilah tersebut? Ini Penjelasannya

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: Slamet Teguh
Tribun Sumsel
Pengertian Rubber Game 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Apa Itu Rubber Game dalam Bulutangkis? Ini Pengertian dan Aturannya, Penggemar Olahraga Badminton Harus Tahu.

Cabang olahraga Bulutangkis sangat digemari di tanah air.

Dalam olahraga bulutangkis ini, seorang pemain dapat memenagkan pertandingan apabila berhasil meraih ungguldua set permainan.

Biasanya, dalam satu set, baik pemain tunggal, maupun ganda membutuhkan total 21 angka untuk bisa memastikan satu set kemenangan.

Namun, jika masing-masing pemain mengoleksi 1 set kemenangan, maka akan terjadi rubber game.

Lalu apa yang dimaksud dengan istilah Rubber Game ini? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Apa Itu Downgrade dalam Bahasa Gaul? Ternyata Ini Arti dan Contoh Penggunaannya

Baca juga: Apa Itu Jiggle Dalam PUBG? Trik Harus Dikuasai Oleh Player Pemula Hingga Semi Pro

Baca juga: Head to Head Ginting vs Chen Long, Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020, Harapan Emas Indonesia

Pengertian Rubber Game

Dalam Urban Dictionary, Rubber game diartikan sebagai "the tiebreaker game in an already-tied series" atau permainan tiebreak dalam seri yang sudah terikat.

Rubber game atau Rubber Set merupakan game ketiga yang menjadi penentu pemenang laga setelah kedua pemain sama kuat di dua game sebelumnya

Sistem ini, hanya digunakan apabila masing-masing kubu sudah berhasil memenangkan satu dari tiga set pertandingan sesuai regulasi umum dari badan olahraga bulu tangkis dunia, BWF.

Ketentuan tersebut tidak berlaku apabila seorang pemain atau sebuah regu sudah berhasil meraih keunggulan dalam dua set secara langsung.

Dalam babak penentuan ini, tiap pemain akan berganti lapangan apabila telah mencapai titik jeda dalam sebuah set atau babak rubber.

Jeda dalam set penentuan atau rubber game tersebut akan diambil jika salah seorang pemain sudah meraih 11 angka, apabila menggunakan ketentuan 21 poin.

Aturan rubber game ini diterapkan dalam berbagai kompetisi resmi cabang olahraga bulu tangkis di bawah BWF, mulai dari turnamen kategori Super 100, Super 300, Super 500, Super 750, Super 1000 hingga ajang World Tour Finals.

Itulah pengertian dari Rubber Game atau Rubber Set yang perlu diketahui.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved