Breaking News:

Sinergi Kampus dan Dunia Industri Siapkan Lulusan Siap Kerja

IMA Chapter Palembang berperan serta dalam mewujudkan tujuan program Kampus Merdeka yang dicanangkan Kemendikbudristek.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/JATI
Foto bersama pada kegiatan webinar IMA Chapter Palembang bertema Sinergi Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan Sektor Pendidikan Dalam Upaya Memajukan SDM Berkualitas, Sabtu (24/7/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Lulusan perguruan tinggi sering kali mengalami berbagai persoalan saat akan memasuki dunia kerja. Bukan hanya rendahnya penyerapan tenaga kerja dari perusahaan, kemampuan lulusan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pun menjadi masalah yang terus terjadi.

Presiden IMA Chapter Palembang, Handy Soesanto, menyebutkan, IMA Chapter Palembang berperan serta dalam mewujudkan tujuan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) agar lulusan siap kerja.

Dukungan ini diberikan dalam bentuk program diskusi berkonsep webinar bertema Sinergi Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan Sektor Pendidikan Dalam Upaya Memajukan SDM Berkualitas, Sabtu (24/7/2021).

"Selain itu usai webinar digelar juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (mou) antara institusi pendidikan dan dengan IMA Chapter Palembang. Ini sebagai out put dari kegiatan ini," ujarnya.

Direktur Umum & SDM PT Semen Baturaja (SMBR), Amrullah, mengatakan, sebagai perusahaan yang berbasis di wilayah Sumsel dan Lampung memiliki program khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa menghadapi dunia kerja yakni program praktek kerja lapangan atau magang.

Terdapat beberapa program pemagangan mulai dari magang reguler hingga bersertifikat yang merupakan kerja sama perseroan dengan berbagai instansi termasuk kementerian BUMN dan Perindustrian.

Kegiatan magang ini berisi materi pengenalan umum perusahaan, SMK3, pembuatan laporan dan uji kompetensi dan pemberian sertifikat magang, penempatan peserta magang ke pabrik, tambang atau di kantor.

"Kami siap bekerja sama dengan perguruan tinggi khususnya yang ada di Sumbagsel untuk peningkatan kualitas SDM melalui berbagai program magang," kata Amrullah.

Sejak beberapa tahun lalu, perseroan pun telah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Sumsel untuk penelitian dan ada pula training and development.

Tak sekadar mengandalkan kemampuan intelektual, lulusan perguruan tinggi pun harus memiliki kecerdasan emosional dan spiritual untuk menunjang kinerja saat nantinya menjadi karyawan atau pegawai di perusahaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved