Breaking News:

Berita Palembang

IKM Award Cari Pengusaha Siap Naik Kelas dan Sukses, Pengumuman Pemenang 4 Agustus

Dinas Perindustrian Sumsel menggelar IKM Award ajang penghargaan yang mencari pengusaha kreatif yang siap naik kelas.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Webinar presentasi yang menjadi penilaian tahap akhir bagi IKM yang bersaing menjadi yang terbaik di ajang IKM award. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Perindustrian Sumatera Selatan menggelar Industri Kecil Menengah (IKM) Award ajang penghargaan yang mencari pengusaha kreatif yang bisa menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing dan naik kelas.

Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ir Hj Ernila Rizar MM mengatakan proses IKM Award ini dimulai sejak Maret lalu dan akan berakhir dengan acara puncak pengumuman pemenang 4 Agustus mendatang.

Ernila mengatakan awalnya kegiatan ini bakal dilaksanakan daring dan offline namun karena masa pandemi dan pemberlakukan PPKM membuat kegiatan seleksi tahap 1-4 semuanya dilaksanakan secara daring.

IKM Award ini mendapat antusias bagus dari IKM di Sumsel terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut seleksi sebanyak 417 IKM.

IKM ini diajarkan bagaimana meningkatkan mutu dan inovasi dengan diajarkan bagaimana mengelola bisnis yang baik dengan memiliki kelengkapan administrasi berupa izin usaha, izin pendukung lainnya.

Di masa pandemi ini IKM juga dituntut berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman sehingga pemasaran produk tidak terbatas offline saja tapi juga online yang bisa menyasar pangsa pasar domestik bahkan internasional.

Untuk mendukung pemasaran online itulah IKM dituntut bisa memberikan presentasi produk yang baik sehingga konsumen tertarik menggunakan produk yang mereka buat. Presentasi ini baik berupa penjelasan detail hingga pengemasan dan pengajian produk yang menarik sehingga bisa meningkatkan nilai jual.

Dari keempat kali seleksi daring dilaksanakan, tersisa 15 IKM yang lolos untuk masuk penjurian akhir dari 22 IKM yang telah memaparkan presentasinya di depan dewan juri.

"Kriteria penjurian mulai dari seleksi administrasi, pengiriman video, presentasi, inovasi dan keaslian produk visi dan perencanaan bisnis hingga teknik dan penguasaan materi presentasi," jelas Ernila.

Ernila mengatakan dia sendiri turun tangan beserta dewan juri lainnya memberikan penilain untuk menentukan IKM terbaik dari yang paling baik.

Dia memastikan penilaian murni dari ke empat kriteria penilaian yang telah ditentukan tidak ada unsur KKN sehingga pemenang nanti memang yang terbaik.

Puncak acara akan diumumkan pemenang IKM award di Griya Agung 4 Agustus mendatang dan diharapkan bisa dihadiri Gubernur Sumsel bpk H Herman Deru dan Ketua DEKRANASDA Sumsel Hj. Febrita Lustia HD untuk menyerahkan hadiah pada para pemenang. 

Baca juga: Pemkab Muara Enim Inisiasi Pembangunan Pintu Perlintasan Kereta Api di 6 Titik Dalam Kota

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved