Breaking News:

Berita Empat Lawang

Sampah di Bahu Jalan Muara Pinang Empat Lawang, Ini Jawaban Dinas Lingkungan Hidup dan Camat

Sampah menumpuk di bahu jalan Kabupaten Empat Lawang telah berlangsung berbulan-bulan nampak tidak ada tindak lanjut dari pihak berwenang.

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/SAHRI
Sampah di Bahu Jalan Kecamatan kecamatan Muara Pinang, sebagian bahkan telah naik ke jalan, Selasa (20/7/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Sampah menumpuk di bahu jalan Kabupaten Empat Lawang telah berlangsung hingga berbulan-bulan nampak tidak ada tindak lanjut dari pihak berwenang.

Pantauan Tribunsumsel.com, beberapa bahu jalan yang menjadi tempat pembuangan sampah tersebut diantaranya ada di desa Sawah, desa Talang Tinggi (Muara Pinang Lama), dan desa Sapa Panjang.

"Ya memang sudah lama dijadikan tempat pembuangan sampah karena memang sepi, jadi tidak ada yang melarang juga untuk membuang sampah, selain itu warga jiga bingung mah buang sampaj dimana", Kata Julian, warga yang melintas di sekitar lokasi, Selasa (20/7/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang melalui pesan singkat hingga berita ini dimuat belum memberikan respon atas permasalahan ini.

Sementara Kepala Bidang Sampah Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang, Riza Pahlevi mengatakan jika permasalahan sampah yang ada di desa-desa bukan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang.

Tetapi tanggung jawab Camat, Lurah dan Kepala Desa Bersangkutan.

"Kalau Sampah yang ada di Kota Tebing Tinggi dan Pasar Pendopo itu DLH, kalau kecamatan langsung konfirmasi dengan pak Camat, Lurah, Kades" Jawab Riza Pahlevi.

Selain itu Riza juga mengatakan saat ini di beberapa kecamatan yang ada di Empat Lawang memang belum mempunyai tempat pembuangan sampah resmi, sebagai contoh di kecamatan Pendopo ada tanah masyarakat yang dijadikan tempat pembuangan sampah.

"Kita numpang punya masyarakat karena lokasi pembuangan sampah di kecamatan Pendopo memang belum siap" Kata dia.

Sementara Camat Muara Pinang, Paizal Hendrawan menjawab jika permasalahan ini bukan tanggung jawabnya.

"Itu Tupoksi Dinas Lingkungan Hidup" Jawabnya Singkat.

Setelah dijelaskan mengenai hasil wawancara dari Tribunsumsel.com dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup, Paizal menjawab jika memang banyaknya sampah yang adi beberapa bahu jalan yang ada di kecamatan Muara Pinang karena kurangnya kesadaran masyarakat. 

"Sampah disitu karena kurangnya kesadaran masyarakat, banyak kiriman Sampah dari desa lain apa lagi habis hajatan sedangkan kita belum ada lokasi tempat pembuangan sampah disini", Tambah Paizal

Terakhir,  Paizal juga menagatakan pihaknya sudah pernah megusulkan ke Dinas Lingkungan Hidup perihal mobil dan tangki sampah.

"Sudah pernah disusulkan tapi camat hanya bisa mengusulkan kepada Dinas terkait, agar disediakan Mobil Sampah dan di Tempat itu disiapkan tangki sampah supaya bisa diangkut oleh mobil Sampah", Tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved