Breaking News:

Berita Palembang

Salat Idul Adha Berjemaah di Masjid Agung Palembang, Jemaah Khusus Warga Sekitar, Terapkan Prokes 5M

Salat Idul Adha berjemaah di Masjid Agung Palembang hanya diikuti jemaah warga sekitar. Jemaah juga menerapkan Prokes ketat 5M. 

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Umat Islam menunaikan Salat Idul Adha 1442H berjemaah di Masjid Agung Jayo Wikramo Palembang, Selasa (20/7/2021). Masih di masa pandemi Covid-19, jemaah salat hanya untuk warga sekitar masjid dan pelaksanaan salat menerapkan Prokes ketat 5M. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Meski perayaan Idul Adha atau lebaran kurban 1442 H atau tahun 2021 masih di tengah pandemi covid-19, namun hal itu tak menyurutkan ummat Islam untuk melaksanakan salat Id, Selasa (20/7/2021).

Pantauan Tribun Sumsel.com di sejumlah masjid yang ada, masyarakat tetap melaksanakan sholat id dari pukul 06.30 hingga 7.30 WIB.

Salat Idul Adha berjemaah di Masjid Agung Palembang hanya diikuti jemaah warga sekitar. Jemaah salat terapkan Prokes  5M. 

Di masjid kebanggaan masyarakat Palembang yaitu Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) I Jayo Wikramo (Masjid Agung Palembang), pelaksanakan salat id mulai pukul 06.30 WIB.

Salat Idul Adha Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo yang diimami H Umar Umaya dan Khotib Fariz A Asqos diikuti ribuan masyarakat muslim di Kota Palembang.

Meski tidak seramai sebelum pandemi, namun hal itu tidak mengurangi kekhusyukan salat Id itu sendiri. Pelaksanaan salat dilaksanakan di Gedung Utama Masjid Agung dan sekitarnya. Tidak seperti sebelum pandemi, Salat Idul Adha juga dilaksanakan di lapangan atau halaman masjid dengan jamaah yang meluber.

Baca juga: Gubernur Sumsel Herman Deru Salat Idul Adha Berjemaah dengan Keluarga di Griya Agung, Ini Pesannya

Baca juga: Hari Raya Idul Adha 1442 H, Mall di Seputar Palembang Normal Beroperasi, Buka Hingga Malam

Pengurus Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo sendiri, tetap mematuhi aturan pemerintah dan salat dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (Prokes) 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/ interaksi). Hal ini terpantau saat panitia selalu mengingatkan bagi jamaah yang ada untuk selalu prokes.

Pihak aparat gabungan terdiri dari Kepolisian, Dishub dan Pol PP yang menjaga, dari pagi terlihat sudah menutup sejumlah akses jalan ke Masjid Agung, dan hanya warga sekitar yang bisa menuju ke masjid Agung SMB I Jayo wikramo.

Di Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo pada lebaran kurban 1442 H, akan memotong sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor sapi yang salah satunya dari Presiden RI Joko Widodo hingga pengusaha Palembang Kms H Abdul Halim.

Hal senada terlihat di Masjid Raya Taqwa Palembang, Masjid Al Ikhlas, Masjid Jami' Nurul Hidayah, Masjid Al Rahmah Sekip Ujung Palembang. Pelaksanaan Salat Id tetap dilaksanakan sesuai prokes 5M.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved