Breaking News:

Desa Sumbusari Sembelih 53 Ekor Hewan Kurban, Panitia Terapkan Prokes Ketat

 Suasana ramai terlihat dipelataran halaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari, Kecamatan Mesuji Raya

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Prawira Maulana
AGUNG
Suasana ramai terlihat dihalaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari. Panitia menyembelih sebanyak 53 ekor yang terdiri dari 13 ekor sapi dan 40 ekor kambing, Selasa (20/7/2021) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Suasana ramai terlihat dipelataran halaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari, Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa (20/7/2021) siang.

Tidak tanggung-tanggung, di Desa Sumbusari, panitia penyembeliham menerima titipan hewan kurban dari warga, yakni sebanyak 53 ekor yang terdiri dari 13 ekor sapi dan 40 ekor kambing.

Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban yang dititipkan kepada panitia hanya sebanyak 46 ekor, di mana 35 ekor kambing dan 11 ekor sapi.

Pantauan Tribunsumsel.com, tampak puluhan masyarakat secara bergotong-royong melakukan proses pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan selepas menunaikan sholat Idul Adha. 

Proses pemotongan hewan kurban tersebut mulai dari proses penyembelihan, menguliti, pemisahan daging dengan tulang, hingga memasukan potongan daging ke dalam plastik, lalu akan dibagikan ke masing-masing rumah warga.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Desa Sumbusari, Ustad Kasma'i menyebutkan, setiap tahunnya bisa dikatakan desa tersebut sebagai salah satu desa dengan penyembelihan hewan kurban terbanyak di kecamatan Mesuji Raya.

"Alhamdulillah meskipun pandemi, setiap tahunnya jumlah hewan kurban yang dititipkan selalu meningkat," sebutnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, prosesi pemotongan hewan kurban tidak menjadi tontonan bagi warga sekitar, dikarenakan situasi yang masih pandemi Covid-19.

"Kami menghimbau agar tidak terjadi kerumunan, maka yang diperbolehkan menyaksikan pemotongan hewan hanya panitia dan Shohibul Qurban (orang yang berkurban) saja," kata dia.

Ditambahnya, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh panitia untuk tetap memakai masker dan membawa sendiri perlengkapan alat potong dari rumah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved