Breaking News:

Berita Muba

Cerita Yasa Disabilitas Muba Direkrut Kerja di Satlantas Polres Muba, Sempat Takut Lihat Polisi

Yasa, penyandang disabilitas Muba direkrut kerja di Satlantas Polres Muba. Padahal dia mengaku sempat takut saat melihat polisi.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/FAJERI
Satlantas Polres Muba AKP Sandi Putra SIK ketika memberikan bantuan kepada Yasa penyandang disablitas di Muba, Senin (19/7/2021). Yasa yang memiliki keahlian di bidang bangunan ini pun direkrut untuk diajak kerja di Satlantas Polres Muba 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU - Yasa (50), sempat cemas dan takut ketika sejumlah polisi menghentikan laju kendaraannya karena memang saat itu dirinya tidak memakai helm dan melawan arus.

Terlebih saat diperiksa surat menyurat, pria paruh baya tersebut memang tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat Yamaha RX King yang ditunggaginya.

Dia pun saat itu tidak mengetahui jika razia dalam rangka patroli rutin yang dilakukan Jumat (16/7/21) di sekitar Pasar Talang Jawa, dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Muba AKP Sandi Putra SIK.

Saat itu AKP Sandi pun meminta agar Yasa yang ternyata warga penyandang difabel tuna runggu (tuna wicara) membawa kendaraannya ke Kantor Satlantas Polres Muba.

“Pak Yasa kita periksa, pada saat dilakukan pemeriksaan ia tidak bisa bicara dan ditanya surat-surat tidak memiliki. Karena tidak memiliki surat Yasa, kita berikan sanksi dengan membawa kendaraan ke kantor Satlantas Polres Muba,"kata Sandi, Senin (18/7/21).

Setelah diajak ke Polres Muba, mantan Danki Brimob Polda Sumsel ini bukannya memberikan sangsi tilang ataupun penahanan melainkan diberikan sosialisasi tentang cara mengendara yang aman dan sesuai aturan. "Kendaraan beliau kami kembalikan dan kami berikan pengertian serta akan diberikan SIM khusus disabilitas,"ungkapnya.

Usai pulang ke rumah, pihak Satlantas Polres Muba berinisiatif merangkul Yasa dikarenakan ia memiliki keahlian di tukang bangunan.

"Setelah beliau pulang saya langsung mencari info tentang kesehariannya, sehingga kami langsung mengambil inisiatif untuk mengajak bergabung dan kemungkinan akan menjadi contoh bagi disabilitas lainnya dalam menggunakan kendaraan,"jelasnya.

Baca juga: Sempat Kaget Didatangi Polisi, PKL di Tanjung Raja OI Terima Bansos, Diminta Tutup Lapak Pukul 20.00

Staf Khusus Bupati Muba, Bidang Pemberdayaan Disabilitas Chandra Wijaya, SH mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang diambil dan dilaksanakan oleh Satlantas Polres Muba memberdayakan disabilitas.

"Saya mewakili kawan-kawan disabilitas sangat mengapresiasi langkah oleh Kasat Lantas Polres Muba, dan diharapkan menjadi contoh bagi instansi lainnya. Saya akan sampaikan langsung dengan bapak Bupati Muba, sehingga mampu memberdayakan kawan-kawan disabilitas lainnya,"ungkapnya. (sp/dho)

Ikuti Kami di Google 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved