Breaking News:

Menuju Herd Immunity

Prof Magestuti Agil Ingatkan Obat Herbal Tradisional Hanya Untuk Mencegah Bukan Mengobati Covid-19

Prof Magestuti menyebut, menjaga sistem imum merupakan senjata satu-satunya yang bisa menolong dalam menghadapi virus baru seperti Covid-19

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Bawang putih tidak perlu lagi diragukan manfaatnya untuk mendongkrak imun disamping mengendalikan kolesterol dan gula darah 

TRIBUNSUMSEL.COM-Selain mengenjot vaksinasi, saat ini banyak pihak mendorong penggunaan obat herbal tradisional untuk mencegah infeksi Covid-19.

Begitu juga WHO (organisasi kesehatan dunia) yang mendorong inovasi di seluruh dunia untuk penggunaan obat-obatan tradisional dan pengembangan terapi baru untuk mencari potensi pengobatan Covid-19.

Wakil Ketua Komisi lX DPR RI Melki Laka Lena juga mendorong agar proses pengobatan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan bisa ditambah dengan obat-obatan modern asli Indonesia, atau obat-obatan tradisional.

Menurut Melki, apabila suatu daerah memiliki obat-obatan tradisional yang punya potensi untuk meningkatkan imunitas tubuh, maka harus didorong.

"Kami juga dorong agar itu bisa dipakai yang tentu semua daerah punya keragamaman obat tradisional, obat asli Indonesia yang bisa dipakai untuk meningkatkan imunitas tubuh baik yang masih sehat maupun yang orang tanpa gejala atau gejala ringan," kata Melki kepada Tribunnews, Rabu (14/7/2021)

Sementara itu Prof Magestuti Agil, Ahli Botani Farmasi dan Farmakognasi dan pengajar di Universitas Airlangga mengingatkan, penggunaan obat herbal tradisional hanya untuk mencegah. Bukan mengobati Covid-19.

Kalau pun manjur mengobati hanya untuk penyakit-penyakit ringan saja.

Ia sangat menganjurkan mengonsumsi obat herbal di masa pandemi supaya bisa memperkuat imum dalam menghadapi berbagai virus-virus yang berkembang, termasuk Covid-19.

Dalam webinar bertajuk Obat Herbal di Masa Pandemi Covid-19, Sabtu (10/7/2021), Prof Magestuti menyebut, menjaga sistem imum merupakan senjata satu-satunya yang bisa menolong dalam menghadapi virus baru seperti Covid-19.

"Covid-19 ini adalah virus baru dan ganas, dokter belum mengetahui apa obatnya. Sehingga diagnosa bisa saja keliru kalau pasiennya memang sudah punya kormobid. Mereka yang divaksin saja masih kena. Jadi masalahnya adalah ada pada sistem imun dan memperkuat sistem imun bisa didapat lewat obat-obat herbal," ujarnya.

Baca juga: Benarkah Air Bawang Putih Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19, Berikut Kata Kementrian Kesehatan dan WHO

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved