Breaking News:

Berita Banyuasin

Inilah Ciri Hewan Kurban Penuhi Syarat untuk Dikurbankan, Gigi Depan Sudah Ganti Terlihat Besar

Masyarakat yang akan berkurban, harus mengetahui ciri dan syarakat sebelum membeli hewan kurban. Di antara ciri adalah gigi depan terlihat besar.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUNSUMSEL.COM/ARDIANSYAH
Ketua PDHI Sumsel DR drh Jafrizal menjelaskan ciri hewan yang masuk syarat hewan kurban di antaranya gigi seri depan sudah ganti dan terlihat besar. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Masyarakat yang akan berkurban, harus mengetahui syarat sebelum membeli hewan kurban. Sebagai masyarakat awam, biasanya banyak tidak mengetahui hewan yang masuk dalam salah satu syarat untuk menjadi hewan kurban.

Menurut Dr drh Japrizal yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumsel, terkadang peternak dan juga masyarakat menganggap hewan yang layak menjadi hewan kurban karena badannya yang gemuk dan besar.

"Masyarakat dan juga peternak harus tahu, salah satu syarat hewan yang bisa dijadikan hewan kurban itu sudah cukup umur. Bagaimana untuk melihatnya sudah cukup umur, bisa melihat dari giginya. Bila sudah gigi serinya sudah berganti, itu sudah layak menjadi hewan kurban," katanya, Rabu (14/7/2021).

Lanjut drh Japrizal, melihat gigi seri hewan yang sudah layak untuk dijadikan hewan kurban sebetulnya tidak begitu sulit. Untuk membedakannya, bila hewan tersebut sudah memiliki gigi seri atau gigi bagian depan yang besar itu sudah layak untuk menjadi hewan kurban.

Akan tetapi, bila dilihat gigi seri atau gigi depan hewan tersebut masih kecil, itulah hewan yang belum cukup syarat untuk menjadi hewan kurban. Syarat ini dianggap perlu, karena selain menjadi salah satu syarat untuk berkurban juga diperlukan untuk kelayakan hewan itu sendiri.

"Tadi sempat juga si peternak mengatakan, badannya sudah besar dan gemuk, itu sudah cukup. Makanya, kami jelaskan itu bukan syarat. Melainkan syarat umur dengan melihat gigi seri yang sudah berganti," jelasnya.

Baca juga: Dinas Perkebunan Peternakan Banyuasin Sidak Peternak Hewan Kurban, Ada Hewan Dijual Belum Cukup Umur

Saat ditanya mengenai pengecekan di sejumlah wilayah di Sumsel yang dilakukan, menurut drh Japrizal belum ditemukan penyakit hewan yang akan dijual sebagai hewan kurban.

Penyakit yang biasanya muncul di hewan kurban antara lain antraks, cacing hati, toksoplasma, leptospirosis, tubersilosis. Ini yang perlu juga menjadi perhatian, terlebih ketika hewan kurban sudah dipotong.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved