Breaking News:

Berita Viral

Apa Arti Aphelion? Fenomena Rutin Terjadi Sekali Dalam Setahun, Ini Penjelasan Ilmiah BMKG

Aphelion adalah fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari. Hal ini terjadi karena orbit Bumi tidak sepenuhnya lingkaran

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Aphelion adalah fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari. Hal ini terjadi karena orbit Bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dalam beberapa hari ini beredar dengan cepat pesan berantai di aplikasi percakapan terkait kondisi iklim Indonesia yang akan lebih dingin akibat fenomena Aphelion. Fenomena apa itu?

Aphelion adalah fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari. Hal ini terjadi karena orbit Bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna.

Demikian dikatakan Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan Andi Pangerang, dikutip dari edukasi.sains.lapan.go.id.

Menurut Andi, orbit bumi berbentuk elips dengan kelonjongan sekira 1/60.

Disebutkan, setiap tahunnya Bumi berada pada jarak terdekat dengan Matahari yang disebut Perihelion. Fenomena ini terjadi pada bulan Januari.

Sementara itu, bumi berapa pada jarak terjauh dari Matahari, yang disebut Aphelion. Fenomena ini terjadi setiap bulan Juli.

Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra, Rabu (14/7/2021) menjelaskan, fenomena Aphelion itu memang telah terjadi pada 6 Juli lalu.

"Aphelion memang benar terjadi bulan Juli, dan itu rutin setiap tahun terjadi sekali," kata Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: HOAX Pesan Berantai Fenomena Aphelion Iklim Indonesia Lebih Dingin, BMKG Ungkap Fakta Ilmiahnya

Desindra memastikan, meski adanya fenomena itu, hal itu tidak berpengaruh terhadap suhu saat ini, tetapi suhu sekarang dipengaruhi karena perubahan iklim dari musim penghujan ke kemarau.

"Yang jelas, tidak mempengaruhi sampai suhu turun drastis seperti itu (pesan beredar). Itu sudah masuk hoaks," tegasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved