Breaking News:

Berita Muara Enim

54 Perkara Dinyatakan Inkracht, Kejari Muara Enim Musnahkan BB Bernilai Miliaran Rupiah

Kejari Muara Enim memusnahkan ratusan barang bukti Perkara tindak pidana umum yang telah inkracht yang bernilai miliaran rupiah.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/ARDANI ZUHRI
Kejari Muara Enim, memusnahkan ratusan barang bukti Perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) yang bernilai miliaran di halaman Kantor Kejari Muara Enim, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim memusnahkan ratusan barang bukti Perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (Inkracht) yang bernilai miliaran rupiah  di halaman Kantor Kejari Muara Enim, Rabu (14/7/2021).

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari Perkara priode Juli 2020 s/d Juni 2021 yaitu narkotika jenis ganja sebanyak 1,5 kilo gram, narkotika jenis Shabu-shabu jumlah 591,186 gram, narkotika jenis ekstasi dengan jumlah 112 butir, senjata tajam sebanyak 19 buah, senjata api rakitan sebanyak 18 buah, HP, timbangan digital dan lain-lain sebanyak 54 perkara.

Sedangkan pejabat yang hadir dalam pemusnahan sejumlah barang bukti di Kejari Muara Enim tersebut, Kasat Reskrim Polres, Kepala Lapas Muara Enim, Ketua PN Muara Enim, dan unsur terkait lainnya.

"Empat bulan saya menjabat Kajari Muara Enim, saya tidak mau melihat menumpuknya barang bukti kejahatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, makanya kita musnahkan,” tegas Irfan Wibowo SH.

Baca juga: Ayah dan Anak Rampok Petani Kopi di OKU Selatan, Incar Korban Hingga ke ATM

Menurut Irfan, pemusnahan barang bukti ini dilakukan bentuk komitmen Kejari Muara Enim dalam menegakkan supremasi hukum diwilayah Kabupaten Muara Enim ini. Dan kita lakukan pemusnahan ini empat bulan sekali agar tidak ada lagi penumpukan barang bukti digudang Kajari Muara Enim tersebut. Sebab kalau sebelumnya, pemusnahan barang bukti dilaksanakan satu tahun satu kali.

"Hari ini kita berkumpul sebagai bentuk kepedulian pemberantasan Narkotika maupun Tindakan Kriminal lainnya yang meresahkan masyarakat, dan menghindari penyalahgunaan barang bukti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di wilayah Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Lanjutnya, pemusnahan ini bentuk tindak lanjut penekanan angka kejahatan diwilayah Kabupaten Muara Enim yang kita harapkan setidaknya bisa mendapatkan efek jera karena sejumlah barang bukti kejahatan telah kita musnahkan. Kabupaten Muara Enim adalah Kabupaten yang kaya, namun terbalik dengan kehidupan masyarakat terbukti angka kejahatan yang ditangani Kejari Muara Enim cenderung meningkat.

"Barang bukti yang dimusnahkan untuk narkoba saja nilai mencapai satu miliaran, belum ditambah BB lainnya. BB yang dimusnahkan berasal dark 250 perkara di Kejari Muara Enim dengan cara di blender, dipotong dan dibakar," pungkasnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved