Breaking News:

Arti Kata

Apa itu Lampor di Jawa, Keranda Terbang yang Viral di TikTok, Berasal dari Temanggung Jawa tengah

Pengguna TikTok dihebohkan dengan adanya penampakan makhluk gaib yang terbang membawa keranda jenazah. Belakangan makhluk itu disebut sebagai lampor.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: M. Syah Beni
Tribun Sumsel
Apa itu Lampor di Jawa, Keranda Terbang yang Viral di TikTok, Berasal dari Temanggung Jawa tengah 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Pengguna aplikasi sosial video TikTok dihebohkan dengan beredarnya video keranda terbang yang berlokasi di Malang Jawa Timur.

Dalam video tersebut pengunggah video itu menarasikan apabila ada keranda terbang melewati desanya.

Dalam mitos Jawa, makhluk yang terbang membawa keranda itu disebut dengan "Lampor" dan sering menampakkan diri menjelang malam hari bahkan hingga dini hari.

Karena itu, masyarakat di daerah Jawa Tengah, terutama yang berada di daerah pedesaan dilarang keluar rumah, karena ditakutkan akan bertemu dengan sosok menyeramkan ini.

Baca juga: Apa itu Lampor Keranda Terbang yang Viral di Tiktok, Pernah Dibuat Film Horor

Lalu apa yang dimaksud dengan lampor?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik cetak maupun online, lampor merupakan makhluk halus dalam mitologi Jawa yang rupanya sangat berantakan.

Nama lampor, tidak sepopuler makhluk astral tanah air lainnya, seperti pocong, matianak, kuntilanak maupun leak, namun, eksistensi dari makhluk ini benar-benar ada.

Dikutip dari hebat.temanggungkab.go.id dan berbagai sumber lain, lampor atau yang lebih dikenal dengan hantu keranda terbang ini merupakan kearifan lokal dan kisah nyata yang berasal dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Meski makhluk ini cukup populer di tanah Jawa, namun Lampor, merupakan makhluk astral yang berada di antara gunung Sumbing dan Sindoro, Kabupaten Temanggung.

Bisa dikatakan, Lampor merupakan makhluk yang menghuni gunung Sumbing dan Sindoro, yang dikenal punya pemandangan menakjubkan di kalangan pendaki.

Makhluk Astral ini berwujud sosok setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang menjelang malam hari atau dini hari.

Maka itu, banyak cerita-cerita rakyat yang membahas mengenai larangan keluar pada waktu menjelang malam atau dini hari karena bisa saja bertemu dengan lampor, dan tidak bisa kembali.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved