Breaking News:

HNU Rapat Ketersediaan Tabung Oksigen

Pj Bupati Muara Enim HNU Gelar Rapat Antisipasi Kelangkaan Tabung Oksigen di Rumah Sakit

Pemkab Muara Enim mengantisipasi kelangkaan oksigen dengan menggelar rapat bersama Kepala Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/ARDANI ZUHRI
Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) menggelar rapat bersama Kepala Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit..mengantisipasi kelangkaan oksigen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM - Untuk mengantisipasi kelangkaan oksigen yang dialami beberapa rumah sakit di berbagai daerah untuk penanganan pasien Covid-19, Pemerintah Kabupaten Muara Enim langsung mengambil langkah cepat dengan menggelar rapat bersama Kepala Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit terkait ketersediaan oksigen.

"Sampai hari ini saya belum mendapat laporan dan ini saya anggap laporan. Saya akan segera memanggil Kadinkes dan rumah sakit untuk rapat menanyakan tentang kesiapan stok oksigen di Muara Enim," kata Penjabat (HNU) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Kamis (8/7/2021).

Menurut HNU, jika seandainya nantinya di RSUD dr HM Rabain Muara Enim memang mengalami kendala pasokan oksigen, pihaknya akan secepatnya melakukan tindakan-tindakan korektif (perbaiki) dan antisipasi sedini mungkin sehingga ketika terjadi hal-hal yang sifatnya darurat atau lainnya yang memerlukan oksigen dalam jumlah banyak kita setidaknya sudah siap.

"Jika memang iya. Saya akan komunikasi dengan kepala dinas kesehatan provinsi minta bantuan,” jelasnya.

Sebagai contoh, kata dia, pemerintah daerah sangat mendukung program Presiden RI sejuta vaksin. Tetapi pada kenyataannya, vaksin tidak tersedia. Dan untuk mendukung program tersebut, dirinya telah dua kali menyurati ke Kementerian Kesehatan. Dan alhamdulilah, pada tahap pertama sudah dipenuhi sebanyak 10 ribu dan tahap kedua 10 ribu. Artinya pemerintah daerah memang dituntut untuk berinisiasi sendiri dalam rangka bagaimana bisa membuat tempat tugas itu menjadi lebih baik.

"Terhadap oksigen ini, saya akan pastikan ada sebab jika krang sesak napas tentu perlu oksigen. Dan itu merupakan satu elemen penting dalam rangka perang kita terhadap Covid-19," terangnya.

Plt Direktur RSUD dr HM Rabaian Muara Enim dr H Hendri Yatno SpM, menjelaskan bahwa saat ini RSUD dr HM Rabain Muara Enim memiliki 32 tabung besar ukuran 60 kg dan pihaknya juga telah memesan sebanyak 32 tabung besar ukuran 60 kg di Jakarta.

"Tidak ada masalah, stok (Oksigen) cukup," katanya.

Jika suat saat terjadi penipisan pasokan oksigen, pihaknya bisa mengisi sendiri ke tabung oksigen ke ukuran kecil. Apalagi tempat pengisiannya berada cukup dekat di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim dan telah bekerjasama dengan PT Ligasin yang memasok oksigen.

Hal senada dikatakan Plt Kadinkes Muara Enim Slamet Oku Asmana, bahwa sampai saat ini, stok oksigen di Muara Enim terurama di Rumah Sakit masih aman-aman saja. Dan jika nanti ada hal-hal yang urgen tentu akan secepatnya ditindaklanjuti untuk masalah pasokan oksigen.(sp/ari)

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved