Breaking News:

Berita Muara Enim

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Muara Enim Siap Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim

Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap menggandeng dan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim untuk meningkatkan SDM.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/ARDANI ZUHRI
Rapat tindak lanjut hasil audiensi Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim dengan Pj. Bupati Muara Enim di ruang rapat asisten Perekonomian dan Pembanguan Pemkab Muara Enim, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM - Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap menggandeng dan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim untuk meningkatkan SDM dan membangun Kabupaten Muara Enim.

"Kita harus siap menyiapkan seluruh instrumennya sehingga ketika melakukan MoU benar-benar bisa diimplementasikan," kata Asisten Perekonomian dan Pembanguan Pemkab Muara Enim H Riswandar SH MH pada saat memimpin rapat Hasil Audiensi Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim dengan Pj. Bupati Muara Enim H Nasrun Umar di ruang rapat asisten Perekonomian dan Pembanguan Pemkab Muara Enim, Selasa (6/7/2021).

Menurut Riswandar, saat ini, PT Serasan Muara Enim mempunyai beberapa jurusan seperti Hukum, Ekonomi dan Teknik. Rencananya manajemen PT Serasan ingin meningkatkannya menjadi Universitas tentu akan semakin baik karena akan banyak lagi jurusan yang akan dibuka.

Dampaknya akan memudahkan dan memberikan pilihan bagi masyarakat terutama ASN Pemkab Muara Enim untuk meningkatkan kompetensinya di bidang keilmuan yang diinginkan.

"Saat ini, banyak ASN kita harus kuliah keluar Muara Enim demi meningkatkan karir dan SDM nya. Jadi kalau di Muara Enim sudah ada tentu akan lebih baik," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Riswandar, meminta kesiapan dari semua OPD ketika dilakukan kerjasama mulai dari perangkat hukumnya, anggarannya dan sebagainya sehingga ketika dilakukan MoU bisa direalisasikan.

Kerjasama ini bukan saja dengan PT Serasan Muara Enim, tetapi dengan Perguruan Tinggi yang telah lebih dahulu melakukan kerjasama seperti PT Serelo Lahat, PT Muhamadiyah, IPB dan lain-lainnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM, mereka sangat mendukung atas rencana kerjasama yang akan dijalin dengan Perguruan Tinggi terutama dalam hal pengawasan dan semacam tenaga ahli dalam suatu proyek.

Sebab jika hanya mengandalkan tenaga dari Perkim sendiri benar-benar sangat kekurangan sedangkan proyek yang ditangani setiap tahun sangat banyak dari berbagai OPD. Dahulu sempat pernah diuji coba, namun kendalanya adalah masalah anggaran mereka sehingga kerjasama tersebut tidak jalan.

"Kita ingin mereka benar-benar dianggarkan seperti untuk honor mereka dan dibuatkan payung hukumnya biar tidak menyalahi aturan. Kami merasa sangat terbantu dengan keberadaan mereka," pungkasnya.

Kabag Hukum Pemkab Muara Enim Ratna Puri Praparwati menambahkan mereka sangat mendukug rencana kerjasama tersebut asal sesuai aturan yang berlaku. Mengenai masalah payung hukum untuk anggaran biaya tenaga ahli atau semacamnya itu bisa diakomodir namun honornya setara dengan Eselon III. (sp/ari)

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved