Breaking News:

Berita Otomotif

Ini Maksud Bensin Basi Pada Mobil yang Jarang Dibawa, Ini Bahayanya

Istilah "bensin basi" maksdunya bukan bahan bakar tersebut tidak bisa digunakan tetapi bisa berbahaya pada komponen tangki mobil

Editor: Siemen Martin
allstate.com
Istilah "bensin basi" maksdunya bukan bahan bakar tersebut tidak bisa digunakan tetapi bisa berbahaya pada komponen tangki mobil. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Pernah dengar istilah bensin basi ?

Bensin basi identik pada mobil yang diparkir dalam jangka waktu yang lama.

Istilah "bensin basi" maksdunya bukan bahan bakar tersebut tidak bisa digunakan tetapi bisa berbahaya pada komponen tangki mobil.

Tapi tak banyak yang benar-benar paham akan artinya.

Banyak yang mengira bahwa bensin memang ada masa kedaluwarsanya.

Padahal, yang dimaksud dengan bensin basi tidak ada hubungannya dengan masa kedaluwarsa.

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, yang dimaksud bensin basi terjadi karena ada ubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar. 

Penyebab ubahan tersebut adalah karena bahan bakar yang mengendap terlalu lama di dalam tangki. Sehingga, kandungan bensin tercampur zat kimia lain.

“Unsur kimia dalam bahan bakar bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar,” ujar Yus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yus menambahkan, kondisi tersebut akan semakin parah jika tangki tidak terisi penuh, saat malam hari atau pengaruh cuaca bisa berembun.

Tangki akan tercampur kandungan air dan bisa mempercepat korosi. Baca juga: Kenapa Mobil Baru dari Diler Diisi Bensin Hanya Setengah Tangki

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bensin tidak basi atau tidak terkontaminasi zat lainnya. Makanya, tangki bahan bakar usahakan harus penuh saat kendaraan ditinggal lama, atau sebaliknya dikosongkan,” kata Yus.

Menurut Yus, penting juga memanaskan mesin kendaraan secara berkala misal dua atau tiga hari sekali, agar bahan bakar bersirkulasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved