Breaking News:

Berita Palembang

Sosialisasi Peran Dan Fungsi Jasa Raharja Dalam Perlindungan Penumpang Angkutan Sungai

PT Jasa Raharja Cabang Sumsel melaksanakan kegiatan  Sosialisasi Peran dan Fungsi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Angkutan Penumpang Kapal

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Sosialisasi Peran Dan Fungsi Jasa Raharja Dalam Perlindungan Penumpang Angkutan Sungai - sosialisasi-peran-dan-fungsi-dana-pertanggungan-wajib-kecelakaan-angkutan-penumpang-kapal.jpg
PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan
PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan  Sosialisasi Peran dan Fungsi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Angkutan Penumpang Kapal di Sungai bertempat di Dermaga 16 Illir Kota Palembang
Sosialisasi Peran Dan Fungsi Jasa Raharja Dalam Perlindungan Penumpang Angkutan Sungai - sosialisasi-peran-dan-fungsi-dana-pertanggungan-wajib-kecelakaan-angkutan-penumpang-kapal-1.jpg
PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan
PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan  Sosialisasi Peran dan Fungsi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Angkutan Penumpang Kapal di Sungai bertempat di Dermaga 16 Illir Kota Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-  PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan  Sosialisasi Peran dan Fungsi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Angkutan Penumpang Kapal di Sungai bertempat di Dermaga 16 Illir Kota Palembang, Sebagai daerah yang masih menggunakan sarana transportasi sungai, Sumatera Selatan termasuk salah satu wilayah yang rawan kecelakaan diwilayah perairan. Keselamatan transportasi menjadi hal yang penting untuk diterapkan baik oleh penyedia jasa transportasi maupun penumpang.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, H.Abubakar Aljufri  mengungkapkan, sarana keselamatan transportasi perairan tradisional sungai relatif masih sangat terbatas dan perlu dukungan dari semua pihak untuk membantu menciptakan transportasi yang aman.

“Sarana penanggulangan kecelakaan di kapal kecil itu masih sangat terbatas dan perlu uluran dari Pemerintah. Seperti yang dilakukan PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan hari ini, kami memberikan bantuan untuk keselamatan penumpang kapal sungai. Mudah-mudahan akan diikuti oleh instansi lainnya,” ujar Abubakar usai sosialiasi.

Diakui Abubakar, hingga saat ini sudah ada sekitar 150 kapal yang sudah melakukan pembayaran Asuransi Jasa Raharja, diharapkan kepada para pemilik atau pengusaha angkutan yang belum ikut pada jaminan keselamatan angkutan Asuransi Jasa Raharja. Untuk segera bergabung agar jika terjadi kecelakaan korban bisa diberikan Dana Santunan oleh Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan.

“Mungkin selama ini mereka belum mengerti, untuk itu kami lakukan sosialiasi seperti hari ini. Kami ingin membantu. Jangan sampai saat terjadi musibah, penumpang atau pengemudi (serang) nya tidak ter-cover jaminan keselamatan angkutan,” tutur Abubakar.

Abubakar menjelaskan, untuk memperoleh Dana Santunan dari Jasa Raharja, manakala terjadi musibah kecelakaan yang tidak diinginkan, pemilik kapal wajib membayar premi Iuran Wajib dengan menyesuaikan jenis kapalnya, mulai dari Rp.50 ribu hingga Rp.120 ribu per bulan. Dengan membayar premi Iuran Wajib  Kecelakaan Penumpang Kapal, korban mendapatkan Dana Santunan Meninggal Dunai Rp. 50 Juta Dana Santunan cacat tetap maksimal Rp.50 juta, Dana Santunan Biaya Pengobatan/Perawatan Maksimal Rp. 20 Juta, serta Dana Pemakaman/Penguburan Rp.4 juta jika tidak ada ahli waris.

“Santunan ini kami pastikan segera diterima ahli waris. Target 1 (satu) hari santunan sudah diterima oleh ahli waris,' katanya

Sementara itu, Kepala Seksi TSDP Komersial dan Perintis BPTD Wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Indah Novianti, menyambut baik sinergi yang dilakukan PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan bersama pihak terkait. Menurutnya, langkah ini juga sekaligus sebagai edukasi bagi pemilik kapal dan penumpang untuk lebih mengutamakan keselamatan diperairan. 

“Mungkin yang hadir disini bisa meneruskan ke teman-temannya bahwa keselamatan itu penting. Bila terjadi kecelakaan maka bisa di klaim ke RS atau yang meninggal menerima santunan,” tandas Indah.

Dalam kegiatan yang dimulai sejak awal tahun 2021 ini, PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan menyerahkan bantuan sekitar 150 Life Boy (ban pelampung) dan 70 Life Jacket (jaket pelampung) kepada pemilik kapal di beberapa titik dermaga, seperti di Dermaga 16 Ilir, Dermaga Tanjung Api Api dan Dermaga Sungai Lilin.

Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud Negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. (RIL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved