Breaking News:

Nasabah Apresiasi Pencairan BPUM di BRI Cepat dan Nyaman

Nasabah BRI Unit 5 Ulu mengatakan senang mendapat bantuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Editor: Prawira Maulana
IST
Nasabah BRI Unit 5 Ulu 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Nasabah BRI Unit 5 Ulu mengatakan senang mendapat bantuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sehingga bisa menjadi tambahan bagi modal usahanya. Apalagi saat pandemi ini, di mana mencari nafkah terasa lebih sulit karena daya beli masyarakat yang turun.

Adanya bantuan BPUM ini sangat membantu sekali. Apalagi BRI sebagai bank yang ditunjuk menyalurkan bantuan memberikan kemudahan layanan dalam penyalurannya.

Pencairan di BRI diapresiasi salah seorang nasabah BRI Unit di wilayah kerja BRI Palembang itu karena cepat selesai. Tidak sampai bilangan jam, dana yang digulirkan pemerintah itu sudah ada di tangannya.

"Awalnya memang harus mendaftar dulu, untuk kemudian diberi satu set berkas oleh petugas. Setelah diisi dan dikembalikan ke petugas, saya langsung diberikan jadwal kapan harus datang lagi ke BRI untuk pencairan dana," ujar Nuraini, nasabah penerima BPUM dimaksud, Rabu (23/6/2021).

Nurani mengatakan, petugas BRI yang melayaninya juga berlaku sangat ramah. “Mulai dari kesigapan Customer Service dan security, sampai ke teller-nya. Semua ramah dan membuat kami merasa nyaman,” tambahnya.

Apresiasi terhadap pelayanan penyaluran BPUM oleh BRI juga diberikan oleh Yanuar, nasabah BRI Unit Gelumbang yang merupakan unit kerja BRI di wilayah Prabumulih.

“Selain layanan yang baik dan prosedur yang jelas, yang membuat saya nyaman mengambil dana BPUM di BRI adalah dijalankannya protokol kesehatan dengan sangat baik. Ya mulai ketersediaan air di wastafel berikut sabun dan hand sanitizer-nya, kedisiplinan security BRI dalam memastikan suhu tubuh para nasabahnya, serta kesigapan mereka mengatur jarak dan waktu pengambilan, sehingga tidak terjadi kerumunan,” kata Yanuar dengan raut muka sumringah.

Harus diakui, di saat sedang terjadi kembali peningkatan jumlah warga masyarakat yang terpapar virus Covid-19 saat ini, penerapan protokol kesehatan secara ketat harus menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari proses layanan publik. Dan Bank BRI tampaknya sudah menerapkan standar protokol kesehatan tersebut di seluruh unit kerja. Dalam pantauan Tribunsumsel.com, hal-hal yang disampaikan Yanuar tampak diterapkan dengan sangat baik.

Jika Nuraini dan Yanuar mengapresiasi kemudahan layanan dan penerapan protokol kesehatan yang baik di BRI, Ramadi memiliki kesan yang berbeda lagi.

Nasabah penerima BPUM di BRI Unit Tanjung Raja di wilayah kerja BRI Kayu Agung ini merasa sangat terbantu dengan adanya advis atau masukan mengenai bagaimana cara memanfaatkan dana BPUM ini agar benar-benar bermanfaat bagi pengembangan usahanya.

“Saya senang sekali mendapat arahan dari petugas BRI Unit Tanjung Raja pada waktu mengambil dana BPUM di kantor BRI Unit Tanjung Raja tadi pagi. Ia menyarankan dan minta agar saya benar-benar menggunakan dana itu untuk menambah modal kerja. Bukan untuk keperluan yang lain,” kata Ramadi, ditemui di hari yang sama, Rabu (23/6/2021).

“Tadi petugas BRI memberi gambaran kenaikan penjualan yang bisa saya peroleh jika saya benar-benar disiplin menggunakan dana ini untuk menambah barang dagangan yang sekarang saya miliki. Saya jadi sadar. Padahal semula mau saya pakai untuk membelikan keperluan hidup anak saya yang baru menikah...,” lanjutnya sambil tertawa.

Revi Rizal, Pemimpin Wilayah BRI Palembang yang dihubungi via telepon membenarkan, bahwa ketiga hal yang diapresiasi para nasabah itu menjadi standar bagi BRI dalam penyaluran BPUM di wilayahnya. Kemudahan layanan, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pemberian arahan kepada penerima agar dana BPUM benar terasa manfaatnya, menjadi pokok-pokok layanan yang harus dilakukan.

Revi merasa, standar tersebut juga merupakan bentuk sumbangsih BRI kepada negara, untuk membantu memastikan manfaat dari pemnyaluran dana BPUM kepada para pengusaha mikro itu.

“Di luar semua itu, BRI juga siap menjadi konsultan sekaligus menjadi pemberi fasilitas kredit mikro atau ultra mikro bagi para penerima BPUM yang membutuhkan, guna mengembangkan usahanya,” kata Revi menutup pembicaraan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved