Breaking News:

Berita Banyuasin

Pemkab Banyuasin Santuni Ahli Waris Warga Meninggal, Ini Cara Ajukan Klaim Santunan Kematian

Masyarakat Kabupaten Banyuasin selaku ahli waris keluarga meninggal bisa mengklaim santunan kematian dari Pemkab Banyuasin. Ini caranya.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Kepala Dinas Dukcapil Banyuasin Saukani menyatakan masyarakat yang anggota keluarganya meninggal bisa mengajukan klaim santunan kematian ke Pemkab Banyuasin. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Masyarakat Kabupaten Banyuasin selaku ahli waris keluarga yang meninggal bisa mengklaim santunan kematian dari Pemkab Banyuasin.

Ahli waris tidak harus mendatangi Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Banyuasin.

Karena, berdasarkan perintah dari Bupati Banyuasin kepengurusan untuk klaim santunan ini, cukup sampai UPTD Kecamatan. Menurut Kepala Dinas Dukcapil Banyuasin Saukani menjelaskan, santunan kematian bagi seluruh warga Banyuasin ini merupakan program terbaru dari Bupati Banyuasin H Askolani Jasi dan Wakil Bupati H Slamet.

"Program ini bertujuan untuk meringankan ahli musibah dari Pemkab Banyuasin. Selain itu, masyarakat atau ahli waris, termotivasi untuk melaporkan mengenai kematian. Tujuan lainnya, bila masyarakat tertib untuk melapor, maka data penduduk valid," kata Kepala Disdukcapil Banyuasin Saukani, Kamis (24/6/2021).

Lanjutnya, sesuai dengan SK Bupati program santunan kematian ini mulai berlaku 7 Mei 2021. Santunan kematian ini, diperuntukan bagi seluruh warga Banyuasin dan tidak ada pengecualian.

Untuk syarat warga agar bisa mencairkan klaim santunan kematian antara lain :

-Surat keterangan kematian dari kades atau lurah diketahui camat
-Keterangan ahli waris diketahui kades atau lurah diketahui camat
-Asli Kartu Keluarga dan KTP
-Cukup diserahkan ke UPTD Capil kecamatan.

"Nanyinya, berkas itu akan diteruskan ke Disdukcapil Pangkalan balai. Dari Disdukcapil Banyuasin akan diajukan berkas untuk pencairan santunan ke BPKAD. Jadi, masyarakat tidak perlu ke Pangkalan Balai, cukup di kecamatan saja," ujarnya.

Besaran santunan kematian dari Pemkab Banyuasin senilai Rp 500 ribu per kepala. Santunan, langsung diberikan ke pihak ahli waris. Untuk memudahkan masyarakat yang menerima ahli waris, akan di undang ke kecamatan, kelurahan, balai desa atau di datangi langsung.

Baca juga: Pendaftaran Calon Ketua DPD Golkar OI Dibuka Mulai Hari Ini, 5 Nama Sudah Nyatakan Berminat

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved