Breaking News:

Berita Bisnis

Syarat dan Cara Ganti ATM BNI Magnetic Stripe ke ATM Chip Gratis

Ada sejumlah persyaratan dan cara untuk mengganti ATM BNI magnetic striper ke ATM Chip dan prosesnya tidak dipungut biaya alias gratis.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Ada sejumlah persyaratan dan cara untuk mengganti ATM BNI magnetic striper ke ATM Chip dan prosesnya tidak dipungut biaya alias gratis. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bank Negara Indonesia (BNI) mengimbau nasabahnya segera melakukan penggantian kartu ATM terbitan lama yang masih menggunakan magnetic stripe untuk diganti menjadi kartu ATM baru berbasis chip.

Penggantian kartu ATM ini dilakukan sesuai kebijakan Bank Indonesia yang tertera dalam Surat Edaran BI Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan personal identification number online 6 enam digit untuk kartu ATM dan atau kartu debit yang diterbitkan di Indonesia.

Ada sejumlah persyaratan dan cara untuk mengganti ATM BNI magnetic striper ke ATM Chip dan prosesnya tidak dipungut biaya alias gratis. Semua itu harus dipenuhi nasabah. 

Sunarna Eka Nugraha selaku Pemimpin BNI Wilayah 03 Palembang mengatakan bagi nasabah pemegang kartu ATM BNI yang belum melakukan penggantian kartu ke Kartu ATM berbasis chip hingga 30 April 2021, masih diberikan kesempatan untuk melakukan penggantian.

"Batas waktu penggantian untuk nasabah Bank BNI paling lambat 30 November 2021 dan gratis," ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Sunarna mengatakan setelah batas waktu itu, BNI akan melakukan penonaktifan kartu debit berbasis magnetic stripe. Penggantian bisa dilakukan dengan mengunjungi seluruh kantor cabang BNI terdekat.

Penggantian ATM be chip bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat menggantinya di customer service dengan membawa ATM lama dan E KTP saja tanpa harus membawa buku tabungan, atau cara kedua dengan menggantinya langsung pada mesin DigiCS atau yang dulunya dikenal dengan BNI Sonic.

Mesin ini bisa membantu nasabah mengganti kartu debit yang lama ke kartu debit chip hanya dengan 3 menit saja. Selain itu mesin ini juga bisa membantu nasabah untuk melakukan pembukaan rekening dan melakukan pembelian kartu TapCash tanpa harus datang dan antre di petugas customer service serta beroperasi selama 24 jam termasuk hari libur.

Untuk Palembang mesin DigiCS ini berada di Kantor Wilayah 03 Palembang dan KCP Palembang Square.

Untuk Wilayah Sumsel jumlah kartu yang belum termigrasi ke kartu debit chip sebanyak 47.464 kartu dan secara wilayah kerja BNI 03 Palembang jumlah kartu debit chip yang belum termigrasi sebanyak 131.488 kartu, jadi nasabah diharapkan untuk segera melakukan penggantian kartu magnetic stripe menjadi kartu debit chip selain ini sudah diwajibkan oleh Bank Indonesia ini juga untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi resiko pemalsuan yang mana sekarang sudah banyak berkembang pemalsuan kartu berbasis magnetic stripe.

Berikut syarat dan cara ganti ATM BNI Magnetic Stripe ke ATM chip.

- Membawa ATM lama yang masih menggunakan magnetic stripe
- Membawa e KTP.
- Tidak harus membawa buku tabungan
- Batas akhir penukaran 30 November
- Penukaran bisa di kantor cabang dan mesin DigiCS yang ada di BNI Kanwil simpang Charistas dan BNI Palembang Square (PS) Mall
- Penggantian ATM gratis
- Jika hingga 30 November ATM lama belum diganti akan dinon aktifkan

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved