Breaking News:

Berita Palembang

Kejar Penjualan Rumah Subsidi, Apersi Sumsel Minta Syarat KPR Perbankan Diperlonggar

Ketua DPD Apersi Sumsel Samsu Rusman mengharapkan Syarat KPR Perbankan Diperlonggar untuk mengejar target di 2021 sebanyak 5.000 unit yang terjual.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Ketua DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sumsel, Samsu Rusman 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Pandemi Covid-19 atau corona yang masih melanda Indonesia, dan beberapa waktu terakhir semakin meningkat, cukup berdampak pada surutnya aktivitas ekonomi Indonesia.

Seluruh sektor industri dan bisnis pun terkena dampak, termasuk sektor properti, yang saat ini sangat terdampak cukup signifikan.

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sumsel mengungkapkan, pihaknya akan realistis untuk memenuhi target di 2021 sebanyak 5.000 unit yang terjual.

Menurut Ketua DPD Apersi Sumsel Samsu Rusman, jika prosep dibawah tahun 2019 sektor properti sedang mengalami peningkatan signifikan.

Namun pertengahan tahun sudah mulai dibatasi kuota untuk KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Penjualan rumah subsidi saat ini jelas ngedrop, selaian daya beli menurun akibat pandemi Covid-19, perbankan juga lebih selektif untuk KPR konsumen yang benar- benar bankkabel, berdasarka syarat ketat," kata Samsu, Rabu (23/6/2021).

Syarat ketat dari perbankan itu, ia mencontohkan jika calon debitur harus memiliki penghasilan tetap yang tidak terdampak dengan pandemi Covid-19.

Padahal selama ini, konsumen FLPP adalah dari kalangan menengah kebawah yang tidak memiliki penghasilan tetap.

"Contoh karyawan hotel, driver online, dan pedagang. Dari tiga pekerja itu yang terbanyak penghasilan yang tidak tetap yaitu pedagang ataupun buruh," jelasnya.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhir, jelas beberapa pengembang terpaksa harus gulung tikar (bangkrut), ataupun harus nombok untuk biaya operasional agar usahanya terus berjalan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved