Breaking News:

CPNS 2021

Aturan Baru, Setiap PNS yang Ajukan Pindah Sebelum 10 Tahun Dinyatakan Mengundurkan Diri

Belum 10 tahun mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil lalu meminta pindah instansi dipastikan dianggap mengundurkan diri dari PNS.

Editor: Siemen Martin
tribunsumsel.com/khoiril
Ilustrasi CPNS 2021 

TRIBUNSUMSEL.COM - Belum 10 tahun mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil lalu meminta pindah instansi dipastikan dianggap mengundurkan diri dari PNS.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperingatkan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk lebih selektif sebelum memilih instansi tertentu.

Hal ini dikarenakan, peserta yang nantinya lolos tidak diperkenankan mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 tahun sejak diangkat menjadi PNS.

Pelamar wajib membuat surat pernyataan, bersedia mengabdi pada instansi pemerintah yang bersangkutan saat melamar dan tidak mengajukan pindah selama 10 tahun setelah ditetapkan sebagai PNS.

Sementara jika pelamar yang telah dinyatakan lulus oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK), kemudian tetap mengajukan pindah, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN Paryono mengatakan bahwa surat pernyataan sesuai dengan yang ditentukan instansi.

Adapun surat pernyataan diserahkan setelah pengumuman akhir

“Itu sudah ada standarnya. Tapi itu nanti kalau sudah ada pengumuman akhir,” ujar Paryono, Jumat (18/6/2021).

Mengenai surat pernyataan ini, telah diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 Pasal 52.

Lebih lanjut, pelamar dapat dibatalkan kelulusannya oleh PPK, jika di kemudian hari: Mengundurkan diri Dianggap mengundurkan diri karena tidak menyampaikan kelengkapan dokumen dalam batas waktu yang ditentukan Terbukti kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan Tidak memenuhi persyaratan lain Meninggal dunia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved