Breaking News:

Berita Muaraenim

Pemkab Muara Enim Dukung Pengembangan Pertahanan Keamanan Siber

Pemkab Muara Enim mendukung penuh lounching SumselProv - Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumsel.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
SRIPOKU/ARDANI
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani MSi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Ardian Arifanardi AP MSi menghadiri lounching SumselProv - Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumsel di Ballroom Hotel Aryaduta, Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM MUARA ENIM,- Dalam rangka untuk mengantisipasi dan menjaga keamanan data dan mencegah kejahatan dibidang siber lainnya, Pemkab Muara Enim mendukung penuh lounching SumselProv - Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumsel yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Mawardi Yahya di Ballroom Hotel Aryaduta, Palembang, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani MSi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Ardian Arifanardi AP MSi.

Menurut Pj Sekda Muara Enim Emran, bahwa pengembangan sistem pertahanan dibidang keamanan siber ini nantinya dapat juga diintegrasi sampai ke tingkat kabupaten/kota sehingga, peningkatan pelayan kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim khususnya pengelolaan dalam menjaga keamanan data dan mencegah kejahatan dibidang siber lainnya dapat diantisipasi.

Untuk itu, Pemkab Muara Enim akan mendukung penuh pengembangan pertahanan dibidang Siber ini, sebab di era globalisasi ini perkembangan teknologi yang begitu pesat harus juga diimbangi dengan pengelolaan keamanan yang baik, demi menjaga kenyamanan serta melindungi sistem atau data dengan melakukan peninjauan yang komprehensif atas aktifitas ancaman Siber yang terjadi. 

Lebih lanjut Emran, berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian terhadap ancaman keamanan siber di Kabupaten Muara Enim dan meningkatkan kerjasama serta sinergitas pengamanan siber antar instansi.

Sementara itu, Kepala Kepala Badan Siber dan Sandi Negara letjen TNI (Purn) Hinsa Hasiburian yang hadir secara virtual menyampaikan dukungan serta komitmen BSSN dalam upaya mendukung keamanan dibidang Siber dan Persandian guna memberikan informasi terkait dengan keamanan siber sebagai bentuk sinergi atau kolaborasi, karena CSIRT membutuhkan kolaborasi dalam menyelesaikan insiden serta cepat dan efektif.

Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa, pembentukan SumselProv-CSIRT sejalan dengan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yabg terdapat dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE disebutkan bagian unsur keamanan SPBE yaitu penjaminan keutuhan dan ketersediaan data dan informasi, yang dimana CSIRT berperan sebagai penyediaan pemulihan insiden keamanan siber.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved