Breaking News:

Memastikan Subsidi Pemerintah Tepat Sasaran, PLN Cocokan Data TNP2K

PT PLN (Persero) terus berupaya agar subsidi listrik yang diberikan oleh pemerintah bisa tepat sasaran

Editor: Prawira Maulana
ist
Memastikan Subsidi Pemerintah Tepat Sasaran, PLN Cocokan Data TNP2K 

PT PLN (Persero) terus berupaya agar subsidi listrik yang diberikan oleh pemerintah bisa tepat sasaran dengan melakukan pencocokan data dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Pada tahun 2021 PLN UIW S2JB akan melakukan pemadanan data sebanyak 110.744 pelanggan yang terdiri dari 17.869 pelanggan UP3 Bengkulu, 16.551 pelanggan UP3 Jambi, 21.514 pelanggan UP3 Lahat, 5.751 pelanggan UP3 Muara Bungo, 13.540 pelanggan UP3 Ogan Ilir, dan 35.519 pelanggan UP3 Palembang.  Pasukan Transaksi Energi dan hampir seluruh pegawai PLN UIW S2JB turut membantu pelaksanaan survey dan juga PLN bekerjasama dengan kelurahan setempat. Pada proses pemadanan data TNP2K, PLN bertugas mencocokan data BDT (Basis Data Terpadu) dengan IDPEL PLN. Hal ini bertujuan memastikan bahwa rumah tangga penerima subsidi benar–benar berhak menerima sesuai data terpadu.

Proses pemadanan data sendiri dimulai dengan survei pertama tahap pemilahan data, di mana dilakukan pemilahan wilayah, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan sampai desa. Pemilahan provinsi dilakukan oleh Unit Induk, untuk kabupaten oleh Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan (UP3) dan untuk kecamatan dan desa dilakukan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP). Pemilahan ini bertujuan memastikan wilayah tersebut masuk dalam Unit masing-masing. Setelah pemilahan, Unit wajib mencetak dan menandatangani Berita Acara Pemilahan Data.

Tahapan selanjutnya adalah pencetakan data, yakni formulir survei yang dibawa ke lokasi. Proses pencetakan dilakukan di ULP, per lokasi (Desa), dan kemudian diberikan ke petugas dengan dilengkapi Berita Acara Serah Terima. Setelah dicetak dan diserahkan ke petugas, tahap selanjutnya adalah pelaksanaan survei. Petugas datang ke lokasi sesuai alamat dan mendata sesuai dengan isi formulir. Selanjutnya akan dilakukan sampling backcheck dari PLN Pusat untuk memastikan data yang di-input sudah sesuai.

PLN akan bekerja semaksimal mungkin untuk melakukan pencocokan data tersebut, demi subsidi dari pemerintah yang tepat sasaran. (UP3PLB)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved