Breaking News:

Berita Empat Lawang

Cerita Petani Karet di Empat Lawang, Hanya Berharap Harga Setara 1 Kg Beras

Harga Karet di Empat Lawang Rp 6500 per kilogram, Petani Karet berharap Harga Jual Karet dapat setara 1 Kilogram beras

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/SAHRI
Aktivitas jual beli karet di kawasan Tebing Tinggi, kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Hingga saat ini harga jual karet di kabupaten Empat Lawang masih stagnan pada kisaran harga Rp.6.500.- perkilogram.

Harga Karet selama ini dinilai tidak pernah mengalami kenaikan seperti yang di harapkan para petani yang memang menggantungkan hidupnya dari hasil getah.

 Ismail, seorang petani Karet di kecamatan Tebing Tinggi, dirinya mengatakan harga karet sejak awal tahun 2021 sampai sekarang hanya di kisaran Rp.6000.- sampai Rp.6.500.- perkilogramnya dan kalaupun ada kenaikan tidak banyak dan  tidak pula bertahan lama.

Baca juga: Empat Lawang Belum Punya Tempat Rehabilitasi ODGJ, Langkah Ini Bakal Dilakukan Pemerintah

"Pernah naik sampai 8 ribu per kilo di tingkat petani sayang cuma sekitar dua mingguan setelah itu harga kembali turun," Ungkap Ismai, Sabtu (12/06/2021).

Tentu saja Ismail pasrah dengan kondisi tersebut, dimana disisi lain ada keinginan dirinya untuk pindah profesi namun setelah di pikir-pikir dirinya mengatakan sama saja .

"Saya pernah alih profesi jadi tukang ojek tapi begitulan lebih banyak tukang ojek daripada penumpangnya terlebih lagi seperti sekarang sedang ada pandemi, pernah juga jadi kuli bangunan ujung-ujungnya sama saja," Jelas Ismail.

Sama halnya dengan Ismail, Damiri petani karet lainnya di kecamtan Tebing Tinggi ikut berharap supaya harga karet di tingkat petani bisa naik minimal setara dengan harga beras di pasar perkilonya.

"Harapan saya harga sekilo karet itu bisa sama dengan sekilo harga beras di pasar sekitrar 10 ribu supaya petani karet bisa lebih sejahtera," Harap Damiri.

Baca juga: Lagi Rumah Warga Empat Lawang Nyaris Terbakar Akibat Tabung Gas Bocor

Sementara itu secara terpisah, Sadat salah seorang pengepul karet di kecamatan Tebing Tinggi mengakui kalau memang dirinya saat ini membeli karet dari petani di kisaran harga 6 ribu 5 ratus hingga 7 ribu 5 ratus rupiah tergantung pada kualitas barang.

"Harga beli masih seperti biasa belum ada perubahan tergantung dengan banyaknya barang dan juga kadar airnya, itulah patokan kita menentukan harga ," Jelasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved