Breaking News:

Berita OKU

Alat Berat Diturunkan, Angkut Sampah di Pinggir Jalan Veteran Kecamatan Baturaja Timur OKU

Sampah yang menggunung di pinggir jalan Jalan Veteran Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU di angkut Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten OKU

SRIPOKU/LENI JUWITA
Kadin DLH Kabupaten OKU Nopriansyah ST MM bersama Kabid Persampahan langsung memimpin pembersihan sampah di Jalan Veteran Baturaja 

TRIBUNSUMSEL.COM, BATURAJA-  Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten OKU menurunkan Backhoe Loader untuk menanggulangi tumpukan sampah yang menggunung di Jalan Veteran Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Kadin DLH OKU Nopriansyah ST, MM menjelaskan, setidaknya 6 ton sampah diangkut dari lokasi tersebut, dengan menurunkan Backhoe Loader dan armada sampah yang melibatkan puluhan petuags kebersihan,” terang Novri, Jumat (11/6/2021)

Upaya ini dilakukan untuk mempertahankan Piala Adipura yang sudah diraih Kabupaten OKU dan sekaligus memberikan solusi kepada masyarakat sekitar yang mengeluhkan persoalan sampah yang datang dari berbagai daerah lalu dibuang di wilayah situ. 

Sampah yang diangkut dari kontak sampah di Jalan Veteran langsung dibuang ke TPA Gunung Meraksa Kecamatan Lubukbatang. Kadin DLH juga mengaku sudah kewalahan  menanggulangi sampah diwilayah tersebut.

Baca juga: Petani Padi Di Desa Perjaya Barat OKU Timur Menjerit, Dua Tahun Gagal Panen Diserang Hama Tikus

Padahal menurut Novri petugas kebersihan sudah mengambil sampah dua kali sehari, namun karena yang membuang sampah tersebut bukan penduduk setempat sehingga tidak meperhatikan kebersihan dilingkungan sekitar.

Kondisi menggunungnya sampah dikeluhkan  warga sekitar yang mayoritas orang kesehetaan bahkan diantaranya banyak para dokter dokter yang mengaku resah dengan ulah  oknum masyarakat yang membuang sampah sembarang dilokasi tersebut.

“ Setelah dibersihkan ini, kami warga   sudah sepakat akan menutup tempat ini,” kata warga setempat.  

Menurut Ny Desi ,  dulu lokasi itu merupakan tanahn kosong, kemudian  ada yang iseng membuang sampah lama kelamaan orang yang berlalu lalang lalu ramai-ramai membuang  sampah disitu.

Sebaliknya  penduduk sekitar  tidak ada yang membuang sampah itu dan mereka sudah  susah payah menjaga kebersihan lingkungan sekitar .      

Warga RT 13 dan RT 11 di Jalan Veteran Kelurahan Kemalaraja  Kecamatan Baturaja Timur yang mengaku sudah kewalahan dengan mengggunungnya sampah disekitar lokasi ditambah lagi bau busuk  yang bersumber dari tumpukan sampah.  

Baca juga: Sudah Diintai, Pengguna Ganja di Kecamatan Baturaja Timur OKU Ditangkap Warga

Kondisi sudah berlangsung hampir satu tahun dan semakin parah pasca Ramadhan lalu, akhirnya warga masyarakat yang berdomisili diwilayah itu minta bantuan DLH Kabupaten OKU untuk menanggulangi masalah sampah yang cukup meresahkan itu.

Kadin DLH OKU Nopriansyah, ST, MM didampingi Kabid Persampahan dan LB3 PK  Brigmand menjelaskan Pemkab OKU saat ini sedang berupaya keras agar permasalahan sampah dapat segera teratasi.

Itulah sebabnya pihaknya meghimbau agar masyarakat mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Baturaja menjaid kota yang bebas dari sampah.

Nopri berharap agar semua pihak bergotong-royong untuk menangani persoalan sampah.

Juga kepada warga masyarakat bersinergi dengan Pemkab OKU untuk  mempertahankan peredikat Kota Baturaja sebagai Kota bersih. (SP/LENI JUWITA)

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved