Breaking News:

Pendaftaran Ditutup, Usai Jadi Pasukan Komcad, Ini Keuntungan dan Sanksi Militer yang Diterapkan

Pendaftaran Ditutup, Usai Jadi Pasukan Komcad Ini Keuntungan dan Sanksi Militer yang Diterapkan

Editor: Slamet Teguh
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Ilustrasi prajurit TNI latihan bela diri : Pendaftaran Ditutup, Usai Jadi Pasukan Komcad, Ini Keuntungan dan Sanksi Militer yang Diterapkan 

TRIBUNSUMSEL.COM - Belakangan ini masyarakat di Indonesia tengah dibuat heboh dengan adanya  pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) yang sudah tutup sejak 7 Juni 2021.

Kini para peserta yang mendaftar Komcad sedang menunggu pengumuman, yang akan disiarkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melalui laman resmi komcad.kemhan.go.id

Peserta yang lolos Komcad akan mendapatkan sejumlah keuntungan.

Selain itu setelah resmi menjadi pasukan Komcad, maka akan berlaku sanksi termasuk sanksi militer apabila melanggar aturan.

Melansir Kompas.com berjudul "Ini Keuntungan WNI jika Ikut Program Komponen Cadangan...",

Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Merujuk beleid UU PSDN, yang dimaksud Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkan, Komponen Cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.

Keuntungan

Pemerintah akan memberikan tunjangan operasi ketika Komcad mengikuti mobilisasi, termasuk adanya penghargaan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved