Breaking News:

Berita OKI

Sudah ada 120 Hotspot di Sumsel, Kapolda dan Danrem Kumpulkan 15 Perusahaan di OKI

Kapolda Sumatera Selatan dan Komandan Korem 044 Gapo mengumpulkan 15 perusaahan di OKI dalam rangka pencegahan karhutla.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Kapolda Sumatera Selatan beserta Komandan Korem 044Gapo mengecek langsung sarana dan prasarana dari 15 perusahaan yang mengikuti apel persiapan personil dan Sarpras di halaman PT. Gunung Tua Abadi (GTA), Rabu (9/6/2021) sore. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG --Demi upaya meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Sebanyak 15 perusahaan mengikuti apel persiapan personil dan sarana prasarana (Sarpras) yang berlangsung di halaman PT. Gunung Tua Abadi (GTA), Rabu (9/6/2021) sore.

Di hadapan para tamu yang hadir, Koordinator general manager (KGM) Sampoerna Agro, Eldy Nuzan menjelaskan perjalanan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) telah dimulai sejak tahun 2016.

Dalam waktu 5 tahun tersebut, pihaknya terus melakukan evaluasi agar peran-perannya di tahun mendatang semakin optimal dan semakin terasa manfaatnya. 

Dalam rentang waktu itu pula, terdapat beberapa kemajuan yang telah dilakukan yakni meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pencegahan dan pengendalian karhutlah di 19 Desa KTPA yang didampingi Sampoerna Agro.

"Seperti pelatihan menumbuhkan kerelawanan, mitigasi bencana, dasar-dasar karhutlah, pemetaan partisipatif titik rawan api dan sumber air, pengenalan mesin dan pengoperasiannya,"

"Selain itu sosialisasi aturan hukum terkait karhutlah, simulasi pemadaman kebakaran, dan pelatihan - pelatihan lainnya," jelasnya kepada Tribunsumsel.com.

Baca juga: Polres Ogan Ilir Gelar Apel Penyambutan BKO Brimob Polda Sumsel Tangani Karhutla 

Selanjutnya mengenai sarana dan prasarana pemadaman api, dan beberapa desa KTPA juga diberikan dukungan untuk pengembangan ekonomi alternatif, sebagai dukungan kepada KTPA agar dapat berjalan secara mandiri.

"Kami juga memberikan ucapan terimakasih tulus atas terus dibinanya kebersamaan dan kekompakan kepada segenap kolega rekan-rekan perusahaan di yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir," terang Eldy.

Diharapkannya, bagi seluruh lapisan masyarakat menjaga keberkahan sumberdaya alam yang sudah semestinya dilestarikan dengan baik dan sepatutnya menjaga dari ancaman kebakaran. 

Halaman
123
Penulis: Winando Davinchi
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved