Breaking News:

Sopir Truk dalam Posisi Benar Tak Minggir Saat Kendaraan Alutsista TNI Lewat yang Videonya Viral

Sopir Truk dalam Posisi Benar Tak Minggir Saat Kendaraan Alutsista TNI Lewat yang Videonya Viral

TRIBUNSUMSEL.COM - Seorang sopir truk yang enggan memberikan jalan untuk rombongan kendaraan pengangkut alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI, menjadi perbincangan di media sosial.

Tak hanya enggan menepi, sopir yang melintas di Ranuyoso, Kawasan Klakah, Kabupaten Lumajang itu juga mengucapkan kalimat bernada menantang.

Meski demikian, ternyata polisi menyebut posisi truk saat itu sudah benar.

Bahkan sopir truk tidak dianggap melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, dalam peristiwa pada Sabtu (5/6/2021) sore itu, posisi truk benar karena memilih berhenti.

Sebab truk saat itu membawa muatan berat dan tidak memungkinkan untuk menepi.

"Muatan truk juga padat, bawa muatan dia, kendaraan juga besar jadi tidak bisa menepi dia," kata Bayu, melaui sambungan telepon, Selasa (8/6/2021).

Sementara saat itu, anggota TNI dalam perjalanan pulang dari latihan gabungan di Jalur Lingkar Selatan (JLS) Lumajang.

"Kebetulan selesai kegiatan dari latihan gabungan. Kemudian pada saat itu mau kembali ke satuan masing-masing. Saat itu kami pengamanan juga, pengawalan juga, cuma kebetulan saat itu kondisi macet di Kalakah," kata Bayu.

Sesuai dengan Undang-Undang LLAJ nomor 22 tahun 2009, memang kendaraan TNI menjadi salah satu kendaraan yang mendapat prioritas di jalan.

"Karena mereka membawa kendaraan muatan khusus. Kemudian rangkaiannya panjang. Jadi masyarakat harus paham hal itu, terutama pengguna jalan," katanya.

Meski begitu, sopir truk juga tidak bersalah karena kondisi jalan sempit sehingga tidak bisa meminggirkan kendaraannya. 

Hanya saja, sangat disayangkan ketika sopir mengucapkan kalimat yang bernada menantang, apalagi diunggah ke media sosial hingga viral.

"Dari segi hukum, pelanggaran lalu lintas tidak ada. Cuma karena mengeluarkan narasi dan viral gitu aja. Kalau keluar narasi-narasi kayak gitu gimana sih. Padahal ini kan lembaga, habis latihan juga," katanya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved