Breaking News:

Layar Tancap Film the EndGame di AJI Palembang, Penonton Berhasil Dibuat 'Marah'

Tepat pukul 20.00, film the EndGame diputar. Film itu berdurasi 2 jam. Dimulai dengan rangkaian upaya pelemahan KPK dari masa ke masa dan wawancara kh

AJI Palembang
Sabtu 5 Juni 2021 malam, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang menggelar layar tancap nonton bareng film the EndGame besutanĀ  Dandy Dwilaksono lewat Watchdok Docomentary. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sabtu 5 Juni 2021 malam, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang menggelar layar tancap nonton bareng film the EndGame besutan  Dandy Dwilaksono lewat Watchdok Docomentary. Film ini menceritakan tentang kontroversi 75 Patugas KPK yang dinyatakan tak lulus Test Wawasan Kebangsaan (TWK).

Selain di Kota Palembang, ada ratusan titik lainnya di Indonesia yang membentang layar serupa. Acara ini dihosting oleh Divisi Multimedia, Data dan Penyiaran AJI Kota Palembang.

Antusiasme masyarakat Palembang menonton the EndGame cukup besar. Utamanya kalangan aktivis, mahasiswa, pers mahasiswa dan jurnalis. "Puluhan orang sudah menghubungi panitia sebelum acara berlangsung untuk memesan tempat duduk. Panitia memang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan tak membatasi keramaian," kata Fajar Wiko, ketua Divisi Multemedia, Data dan Penyiaran AJI Palembang.

Layar tancap dihelat di pelataran Kedai Aksara Brew yang juga sekretariat AJI Palembang. Ada yang lesehan ada pula yang duduk di bangku. Setengah jam sebelum film diputar penonton sudah ramai.

Sebelum pemutaran film, Ketua AJI Palembang Prawira Maulana membuka acara. Dia mengapresiasi antusiasme penonton yang hadir malam itu. "Ternyata begitu banyak orang-orang yang peduli pada KPK utamanya pemberantasan korupsi," kata Prawira.

Tepat pukul 20.00, film the EndGame diputar. Film itu berdurasi 2 jam. Dimulai dengan rangkaian upaya pelemahan KPK dari masa ke masa dan wawancara khusus dengan 16 petugas KPK yang tak lulus TWK. Ironi-ironi disajikan dengan apik dan baik. Membuat penonton tersadar begitu sistematisnya upaya pelemahan KPK.

"Lagi-lagi Watchdok berhasil membuat kita marah dan  yang kedua tak membuat kita kecewa. Kenapa marah? Karena itu semua ditampilkan di depan mata kita dan kita seperti tak bisa melakukan apa-apa," kata Ganta seorang penonton yang memberikan testimoni usai acara.

"Untuk pekerjaaan yang kita lakukan dengan jujur saja bisa seperti ini. Seperti tag line di film ini tadi kerja jujur dipecat," kata Mita, penonton lainnya.

Selanjutnya AJI Palembang akan melanjutkan acara ini dengan diskusi bersama mengenai film ini dan isu korupsi.

Di ratusan tempat di Indonesia digelar nonton bareng sejak Sabtu. Di Pontianak  Kalimantan Barat panitia acara mengalami peretasan dan doxing. Selanjutnya bahkan akun instagram rumah produksi film WatchDoc Documentary diretas pada Minggu, 6 Juni 2021. Peretasan ini diduga berhubungan dengan pemutaran film.

Di akun Twitter-nya, @Dandhy_Laksono mengatakan peretasan ini. "Akun IG Watchdoc diretas. Bersamaan dengan akun Twitter @KPK_EndGame yang kini telah berhasil dipulihkan," tulis Dandhy. Dandhy adalah anggota AJI dan menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi pada periode 2017-2021.

Narahubung:
Prawira Maulana: 081271359661

Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved