Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Mengenal Atlet Triathlon Nasional Ikhfa Alqowiyu, Pulang Kampung Buka Klub Renang di Lubuklinggau

Di kampung halaman, Ikhfa Alqowiyu atlet muda peraih juara Bandung Duatlon ini memilih membuka klub berlatih di kampung halamannya

Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Di kampung halaman, Ikhfa Alqowiyu atlet muda peraih juara Bandung Duatlon ini memilih membuka klub berlatih renang di Lubuklinggau 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Minimnya perhatian pemerintah dirasakan oleh Ikhfa Alqowiyu, atlet triathlon nasional.

Anak kedua dari lima bersaudara ini memilih pulang ke kampung halamannya di Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel).

Di kampung halaman, atlet muda peraih juara Bandung Duatlon ini memilih membuka klub berlatih di kampung halamannya.

"Sekarang perhatian pemerintah kurang sekali, makanya pulang ke Linggau buka klub renang," kata warga RT 07 Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II pada wartawan, Minggu (7/6/2021).

Anak dari pasangan Alsadad dan Yuliana ini mengatakan, setiap kejuaraan yang diikutinya tidak pernah mendapat support pemerintah, semuanya mereka menggunakan biaya sendiri.

"Terakhir di Bandung itu pun dibiayai oleh teman dan oleh klub sepeda, karena tidak ada suport dana bawa nama klub, ngapain bawa nama kabupaten atau kota enggak dibiayai juga," ujarnya.

Baca juga: Masuk Dalam META Terbaru, Ini Build Item Hayabusa dari Top 1 Global Assassin Mobile Legends

Ia mengungkapkan, pertama kali menjadi atlet ketika mengikuti lomba 02SN tingkat SMP, saat itu ia ikut atletik.

Namun, belum mendapat juara, di tahun berikutnya ia ikut lagi dan berhasil menyabet juara satu.

"Saat itu mewakili Lubuklinggau ke tingkat provinsi, lombanya di Palembang, saat itu langsung berhasil menyabet juara II dan III dalam kategori berbeda," ungkapnya.

Setelah kejuaraan dan menjadi juara ia mulai dilirik untuk pindah ke Sekolah Olaraga Negeri Sriwijaya (SONS) di Palembang hingga lanjut ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Sejak saat itu prestasinya mulai meningkat, mulai ikut Popda dapat perunggu, lalu Porprov 2017 di Palembang dapat lima perak, pernah juga 2019 dapat satu perak dan tiga perunggu," ujarnya.

Ia mengatakan, memantapkan diri menjadi atlet Triathlon pada tahun 2018 setelah lolos Seleknas Asian Games dan langsung ikut Pelatnas di Surabaya tepatnya di Situbondo Jawa Timur.

"Pulang dari Situbondo langsung ikut lomba Ancol Aquatlon tapi belum juara, lalu 2019 ikut Sibolga Triathlon dapat juara, kemudian di Internasional Sungai Liat Triathlon juara, terbaru kejuaraan nasional Bandung Duatlon Maret 2021 alhamdulillah juara," ujarnya.

Terdekat, ia berencana ikut kejuaraan Porprov bulan November mendatang di Oku Raya, rencananya ia akan mewakili Kota Lubuklinggau. Itulah saat ini sembari mempersiapkan diri ia membuka klub di kota kelahirannya.

"Karena di Linggau belum ada, supaya kedepan ada penerus baru, setiap ada kejuaraan bisa ikut, sekalian juga buka klub ini sembari latihan dan sangat berharap supaya mendapat perhatian pemerintah," ungkapnya. 

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved