Breaking News:

Berita Palembang

Gubernur Herman Deru Kukuhkan Zulkipli Sebagai Kepala BPS Sumsel

Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara resmi mengukuhkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel Ir. Zulkipli M.Si, Jumat (4/6/2021) pagi.

Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara resmi mengukuhkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel Ir. Zulkipli M.Si, Jumat (4/6/2021) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara resmi mengukuhkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, di Griya Agung, pada Jumat (4/6/2021) pagi.

Ir. Zulkipli M.Si resmi dikukuhkan sebagai Kepala BPS Sumsel menggantikan Kepala BPS Sumsel sebelumnya Ir. Endang Tri Wahyuningsih, M.M

Pengukuhan Kepala BPS Sumsel itu ditandai dengan pembacaan surat keputusan Kepala BPS Pusat.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BPS Sumsel, Zukipli merupakan Inspektur Wilayah II di BPS Pusat.

Dalam sambutannya HD berpesan agar Kepala BPS Sumsel yang baru Zulkipli dapat meningkatkan sinergitas BPS dan Pemprov Sumsel yang sudah terjalin baik selama ini.

Dikatakan HD kehadiran data statistik menjadi sangat penting untuk menguraikan permasalahan data yang kompleksitas agar pemerintah memiliki landasan yang kuat untuk penyusunan kebijakan di berbagai bidang.

Adapun tantangan saat ini kata HD adalah bagaimana menyediakan data berkualitas. Untuk mewujudkan hal itu BPS dinilainy tidak bisa berjalan sendiri dengan kegiatan sensus, survei dan data administrasinya.

"Disinilah diperlukan peran aktif kita untuk memanfaatkan Big Data luar biasa dalam membangun Satu Data Indonesia yang berdasarkan prinsip memenuhi standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas data, serta menggunakan data induk," jelasnya.

Harus disadari bahwa mengmpulkan data tersebut adalah hal yang sulit dan mahal.

Untuk itu BPS sebagai penyedia official statistic harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku dan sesuai standar internasional.

Halaman
12
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved