Breaking News:

Jaringan 5G Adalah Apa? Ini Perbedaan dengan 4G dan Daftar HP Bisa Internet 5G

Jaringan 5G adalah teknologi seluler generasi kelima yang dapat dinikmati pelanggan menggunakan smartphone 5G di cakupan area khusus dan terbatas

Telkomsel
Telkomsel adalah operator telekomunikasi pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G di Indonesia. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Jaringan 5G resmi diluncurkan di Indonesia, Kamis (27/5/2021). Hanya saja, layanan ini masih terbatas, belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Telkomsel adalah operator telekomunikasi pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G di Indonesia. Telkomsel telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Apa itu jaringan 5G? Jaringan 5G adalah teknologi seluler generasi kelima yang dapat dinikmati pelanggan menggunakan smartphone 5G di cakupan area khusus dan terbatas. Layanan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz).

5G adalah teknologi seluler yang merupakan evolusi dari Teknologi 4G LTE, yang secara teori dapat mencapai data rate (kecepatan data) lebih cepat, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Baca juga: Serba Daring, Ini 5 Rekomendasi Laptop Dengan Harga Miring Dibawah 5 Juta-an Bulan Juni 2021

Pengamat telekomunilasi dari Indotelko Forum Doni Ismanto Darwin menjelaskan, perlu tidaknya masyarakat untuk segera membeli perangkat untuk mengakses internet 5G, tergantung kebutuhan orang tersebut.

“Apa dia benar-benar mau menikmati 5G, dan apakah di lokasi areanya ada 5G,” ujar Doni, Minggu (30/5/2021).

Menurut Doni untuk saat ini jika dibandingkan membeli smartphone 5G dengan terbatasnya lokasi layanan internet 5G, dia justru lebih menyarankan membeli perangkat seperti Wifi Orbit yang ditawarkan oleh operator.

“Dari situ di-tethering dan bisa dinikmati banyak perangkat di rumah. Karena kan 5G sekarang masih limited area, dan harga ponsel 5G masih premium,” tuturnya.

Memastikan area jangkauan

Dia juga menambahkan jika ingin mencicipi jaringan 5G maka paling ideal saat ini adalah masyarakat memastikan area mana yang sudah terjangkau 5G.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved