Breaking News:

Berita Palembang

Satu Tahun Operasional, Teman Bus Masih Gratis, Layani 4 Koridor di Palembang

"Teman Bus" di kota Palembang telah beroperasional selama satu tahun. Hingga kini masih melayani 4 koridor di Palembang secara gratis.

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Tribunsumsel
PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) yang mengelola "Teman Bus" di kota Palembang. Teman Bus melayani 4 Koridor di Palembang secara gratis. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Sudah satu tahun PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) yang mengelola "Teman Bus" di kota Palembang beroperasional, mencatat sebanyak 1,9 juta penumpang yang telah merasakan kehadiran ini.

Direktur Utama PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ), Antoni Rais mengatakan setelah satu tahun operasional sejauh ini kehadiran "Teman Bus" sangat dirasakan manfaatnya.

"Tahun pertama operasional ada sebanyak 66 bus dengan empat koridor yang selama ini kita sediakan," jelas dia, Rabu (2/6/2021) disela perayaan HUT ke 1 PT TMPJ.

Baca juga: Pemuda Tak Pakai Helm di Palembang Tabrak Polisi yang Hendak Menyetopnya, Ini Nasibnya Sekarang

Ia mengatakan empat koridor "Teman Bus" yakni Alang- Alang Lebar- Dempo, Sako- Asrama Haji, Jakabaring- Plaju dan Alang-Alang Lebar- Talang Jambe.

"Untuk operasional bus besar yakni ada 19 bus dan 2 cadangan. Sedangkan bus kecil ada sebanyak 40 bus dan 5 cadangan," jelas dia.

Bus cadangan ini, kata dia disiapkan jika ada bus yang lain mengalami kerusakan. 

"Dan mobil kita ini juga dilengkapi dengan CCTV baik didepan, belakang dan didalam gunanya untuk mengawasi aktivitas baik dari supir dan operasional bus ini," tegasnya.

Untuk jam operasional yakni "Teman Bus" ini mulai pukul 04.30 sampai 20.30 wib.

"Hingga saat ini untuk tarif kita masih gratis karena masih dibiayai langsung oleh pemerintah pusat," ungkap dia.

Baca juga: Sudah Buron Dua Tahun, Dimas Akhirnya Tersungkur di Talang Putri Palembang

Antoni mengatakan, ditahun ini belum ada penambahan bus. Namun pihaknya berencana akan melakukan perubahan bus listrik.

"Rencana kita akan lakukan perubahan bus ke bus listrik jika masa mobil ini habis. Rencananya bus listrik ini akan kita gunakan pada tahun 2023," jelasnya.

Ia mengatakan bus listrik ini jauh lebih baik dibandingkan bus saat ini.

"Terutama tidak bising dan amah lingkungan. Mobil bus listrik ini juga sudah dipakai di Surabaya, Bandung dan beberapa kota besar lainnya," tegas dia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved