Breaking News:

Berita Palembang

Gubernur Herman Deru Dorong Produk UMKM Sumsel Masuk Pasar Australia

Gubernur Sumsel Herman Deru mendorong Produk UMKM Sumsel Masuk Pasar Australia atau agar bisa Go-Internasional.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Pemprov Sumsel
Plh Sekda Provinsi Sumsel, H. Akhmad Najib mewakili Gubernur Sumsel mengikuti menghadiri pembukaan Webinar UMKM yang diselenggarakan oleh Bank Sumsel Babel bekerjasama dengan KBRI Canberra, Australia dari Command Centre Pemprov Sumsel, Rabu (2/6/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG Gubernur Sumsel H.Herman Deru dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Plh Sekda Provinsi Sumsel, H. Akhmad Najib menghadiri pembukaan Webinar UMKM yang diselenggarakan oleh Bank Sumsel Babel bekerjasama dengan KBRI Canberra, Australia dari Command Centre Pemprov Sumsel, Rabu (2/5/2021).

Gubernur Herman Deru berharap melalui webinar UMKM ini dapat menciptakan karakter-karakter wirausaha yang tangguh dan handal, memiliki daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi sehingga mampu bersaing di tengah era globalisasi perekonomian sekarang ini.

Dalam memasuki persaingan global di era pandemu saat ini Herman Deru juga menghimbau kepada UMKM dan pelaku bisnis di Sumsel untuk masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan Go-Internasional seperti pangan, komoditi perikanan, pariwisata dan industri pengolahan.

Selain itu UMKM juga menurutnya harus bisa menyesuaikan diri dengan memanfaatkan teknologi digital dan transaksi online dalam mengembangkan usahanya.

Menurut Herman Deru setidaknya ada dua hal yang diperhatikan dalam pengembangan UMKM agar bisa Go-Internasional.

Selain meningkatkan dukungan kepada UMKM yang memiliki produk unggulan komperatuf agar keunggulan kompetitifnya meningkat.

"Kedua adalag UMKM harus berbasis digital dan teknologi tinggi baik dalam operasi maupun produknya," terang ucap Najib.

Selain dua hal di atas, sedikitnya ada 5 strategi yang dapat dilakukan untuk menjadikan UMKM Go-Internasional.

Strategi itu masing-masing yakni memperbesar akses pasar baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga tercipta peluang dan permintan terhadap produk-produk UMKM.

Kemudian peningkatan kualitas produksi dan inovasi untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa yang dihasilkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved