Breaking News:

Penanganan Corona

Berawal Menerima Keluarga dari Bangka, Warga Kenten Laut Banyuasin Tak Sadar Terpapar Covid-19

Sejumlah warga yang ada di wilayah Kenten Laut tepatnya di Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, terpapar covid19.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Rapat koordinasi sebelum mendatangi rumah warga yang terpapar virus Covid19 di wilayah Kenten Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, Rabu (2/6/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Sejumlah warga yang ada di wilayah Kenten Laut tepatnya di Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, terpapar covid19.

Warga yang terpapar ini, tidak merasakan sebelumnya bila mereka sudah terpapar. Namun, lambat laun mereka merasakan ada perubahan dengan kondisi kesehatan mereka.

Akan tetapi, mereka belum menyadari sepenuhnya bila sudah terpapar virus Covid19 yang berasal dari tamu ke rumah mereka.

Hal ini, baru diketahui setelah pihak pelabuhan Tanjung Api-Api mengkonfirmasi dinas kesehatan untuk melacak warga yang berasal dari Bangka. Setelah terlacak, barulah dilakukan tes antigen da dinyatakan di dua rumah berjumlah delapan orang dinyatakan positif covid19.

Lurah Kenten Ahmad Riduan menjelaskan, untuk dua keluarga berjumlah delapan orang ini melakukan isolasi mandiri untuk memulihkan kesehatannya setelah terpapar virus Covid19.

"Mereka ini kedatangan tamu dari Bangka, masih keluarga mereka juga. Beberapa hari setelah itu ada koordinasi dari puskesmas Kenten Laut bila pihak pelabuhan melacak ada warga Bangka yang datang ke Kenten untuk bertemu keluarganya," ujar Lurah Kenten, Rabu(2/6/2021).

Dari situlah, dilakukan pengecekan dan ternyata hasil tes antigen mereka dinyatakan positif terpapar virus Covid19. Dari situ, warga ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri dengan tetap dikontrol dari pihak terkait.

"Kami juga memberitahukan kepada Polsek, bila di sini ada yang terpapar. Sehingga, tindakan sterilisasi dan himbauan secar gabungan bisa gencar dilakukan," pungkasnya.

Baca juga: Jasad Karsiti Korban Dimangsa Buaya di Jalur 15 Banyuasin Belum Ditemukan,Warga Lakukan Penyelaman

Kapolsek Talang Kelapa Banyuasin Kompol Haris Munandar menjelaskan, pihaknya datang bersama kelurahan, puskesmas, RW, RT serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sterilisasi terhadap pemukiman dari warga yang terpapar virus Covid19.

"Kami melakukan penyemprotan disinfektan, melakukan pembagian masker dan sosialisasi untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena ini penting, apalagi ada warganya yang sudah terpapar," ujar Haris.

Lanjut Haris, karena saat ini pos sekat sudah berakhir untuk melakukan deteksi pihaknya mengerahkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan juga kelurahan. Karena, ditakutkan bila tidak melakukan deteksi maka akan terjadi penyebaran Covid19 di wilayah Kenten Laut.

Seperti yang terjadi di wilayah Kenten Laut, adanya warga yang terpapar virus Covid19 karena tamu yang berasal dari luar kota. Tanpa di sadar, setelah tamu pulang malah orang yang ada di dalam rumah tersebut terpapar.

"Kami mengedepankan pos PPKM di setiap wilayah yang ada di Kecamatan Talang Kelapa untuk melakukan deteksi. Sehingga, bisa mengetahui orang luar yang datang ke daerah tersebut," pungkasnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved