Breaking News:

Wako Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe Hadiri Acara Syukuran Hari Jadi Apeksi ke-21

Ada 98 Wali kota yang tergabung dalam Apeksi harus memiliki peranan besar dalam mengatasi penanganan Covid-19 di tanah air.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Vanda Rosetiati
ISTIMEWA
Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam kapasitas sebagai Ketua Komisariat APEKSI Wilayah II menghadiri acara syukuran Hari Jadi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-21, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/5/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam kapasitas sebagai Ketua Komisariat Apeksi Wilayah II menghadiri acara syukuran Hari Jadi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-21, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Apeksi tahun ini.

Presiden RI, Joko Widodo memberikan kata sambutan dihadapan 98 wali kota yang tergabung dalam Apeksi tersebut.

"Ada 98 Wali kota yang tergabung dalam Apeksi harus memiliki peranan besar dalam mengatasi penanganan Covid-19 di tanah air dan juga memulihkan perekonomian nasional ," ujar Jokowi.

Dikatakannya, Apeksi harus dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam menekan penyebaran Covid-19.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu juga meminta 98 wali kota yang tergabung di Apeksi mengoptimalkan dana APBD untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Apeksi, Bima Arya Sugiarto mengatakan kolaborasi antara Apeksi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, Apkasi juga membantu mensosialisasikan program-program pemerintah. “Peran itu tetap akan kita lakukan, membantu pemerintah agar kebijakan dipahami dan sampai kepada semua stakeholder. Namun, ke depan Apeksi tidak hanya sebagai bagian sosialisasi tapi juga referensi dari kebijakan prembangunan nasional,” ujar Bima.

Menurut Bima, menggerakkan kota-kota dengan kekuatan ide dan kekuatan data adalah mimpi yang sempurna.

Kata dia, kota harus dikembangkan oleh ide dan juga the power of data. “Kita lihat bagaimana perencanaan yang matang dan data yang kuat bisa gerakkan kota dengan lebih cepat. Hari ini kita lihat semua harus berbasiskan data, kita pelajari angka di mana-mana. Kebutuhan kita untuk memahami menggunakna data jauh lebih relevan dibandingkan masa-masa sebelumnya. Karena itu, Apeksi akan fokus untuk bangun jaringan datakota yang akan jadi referensi kebijakan di masa depan,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut hadir pula dari Apeksi, Ketua Dewan Pengawas: Syarif Fasha/Walikota Jambi, Anggota Dewan Pengawas: Arief Wismansyah/Walikota Tangerang Wakil Ketua: Marten Taha/Walikota Gorontalo, Wakil Ketua: Abdullah Abu Bakar/Walikota Kediri, Wakil Ketua: Maulan Aklil/Walikota Pangkalpinang.

Selanjutnya Sekretaris Dewan Pengurus:Alwis Rustam/Direktur Eksekuti, Bendahara: Dewanti Rumpoko/Walikota Batu, Ketua Komisariat Wilayah III: Dedy Yon Supriyono/Walikota Tegal, Ketua Komisariat Wilayah IV: Jefirstson Riwu Kore/ Walikota Kupang, Ketua Komisariat Wilayah V: Khairul/Walikota Tarakan, beserta para anggota.

Hadir pula dari Apkasi, yakni Ketum Apkasi, Sutan Riska Tuanku kerajaan, Bupati Dharmasraya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, Bupati Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir, dan Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved