Breaking News:

Berita Musirawas

Sungai Lakitan dan Sungai Baal di Musi Rawas Meluap, Sejumlah Desa Terendam Banjir

Luapan Sungai Lakitan dan Sungai Baal di Musi Rawas pada Kamis (27/5/2021) desa di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu (STL) Ulu Terawas dan Selangit.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
SRIPOKU/AHMAD FAHROZI
Luapan Sungai Baal di Desa Pasenan Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas mengkibatkan jalur penghubung ke desa setampat terputus. Karena jalan desa yang menghubungkan Desa Pasenan dengan Keluarhan Terawas diwilayah setempat terendam banjir yang mulai naik ke jalan Kamis, (27/5/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Luapan Sungai Lakitan dan Sungai Baal di Kabupaten Musi Rawas pada Kamis (27/5/2021) merendam beberapa desa di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu (STL) Ulu Terawas dan Kecamatan Selangit.

Dari pantauan Sripo, untuk wilayah Kecamatan Selangit yang berada di DAS Lakitan, desa yang terendam banjir antara lain Desa Batu Gane, Muara Nilau dan Desa Lubuk Ngin.

Namun banjir yang merendam wilayah ini tak berlangsung lama, air cepat surut kembali.

"Tidak terlalu lama banjirnya kalau di Desa Batu Gane dan juga tidak sebesar banjir yang terjadi sebelumnya pada satu hari setelah lebaran lalu. Paling sekitar satu jam air surut kembali," kata Budi Utomo, Kepala Desa Batu Gane, saat dibincangi Sripo, Kamis (27/5/2021).

Dari pantauan, selain Sungai Lakitan, beberapa anak sungai yang terjun ke Sungai Lakitan diwilayah Kecamatan Selangit, yaitu Sungai Makut, Nile dan Sungai Nilau juga meluap.

Baca juga: Musirawas Diterjang Banjir, Warga Muratara Ikut Sedih: Ibu Kandung Kita

Airnya berwarna keruh dan berarus deras hampir mencapai bagian atas tebing sungai.

Sementara itu, setelah banjir mulai surut diwilayah Kecamatan Selangit, luapan Sungai Lakitan mulai naik di Kecamatan Terawas yang berada dihilir Kecamatan Selangit.

Hingga Kamis (27/5/2021) sekitar pukul 17.00 petang, air sudah merendam pemukiman dan rumah warga di Kelurahan Terawas. 

Akibat luapan sungai Lakitan diwilayah Kelurahan Terawas, sebagian warga yang rumahnya mulai terendam sudah mengangkut barangnya ketempat aman.

Sementata mereka juga mulai mengungsi ke rumah keluarga yang tak terdampak banjir, karena rumahnya sudah terendam, terutama warga yang rumahnya berada dilokasi yang dekat dengan Sungai Lakitan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved