Breaking News:

Berita Palembang

Diskominfo Kota Palembang Imbau Anak Millenial Bijak Gunakan Teknologi Digital

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Palembang, Edison mengharapkan anak muda harus makin cakap dalam era Digital.

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/SRI
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Palembang, Edison 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema "Indonesia Makin Cakap Digital". 

Tujuan penyelenggaraan program tersebut yakni guna membekali warganet dalam berinteraksi di ruang digital baik dari segi etika, kemampuan, keamanan dan budaya digital.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Palembang, Edison sangat menyambut baik dengan kegiatan ini untuk Indonesia dan Palembang khususnya.

Ia mengatakan masyarakat terutama para pelaku digital seperti anak muda harus bisa memahami pemanfaatan teknologi digital ini.

"Mereka harus tahu bagaimana cara pemanfaatkan teknologi digital  yang baik dan beberapa aspek yang perlu dipahami bersama," ujar dia usai menjadi narasumber dalam acara peluncuran kegiatan literasi digital dengan Tema “Indonesia Makin Cakap Digital”
bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika , Jumat (21/5/2021) di Hotel Novotel.

Mulai dari pemanfaatan dari segi kemampuan, skill yang dipunya yang bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif. Dan apa yang dibuat dalam pemanfaatan digital ini juga harus bisa ditanggung jawabkan.

"Kultur, perlu juga sama-sama kita pahami bahwa teknolpgi digital bukan dibuat untuk hal negatif tapi yang positif sehingga masyarakat pun bisa mendapatkan informasi yang jelas," ungkap dia.

Dengan teknologi ini juga masyarakat kini dipermudah untuk bisa mengakses informasi dengan cepat, akurat, dan jelas.

"Apalagi pemanfaatkan teknologi  di masa pandmei sangat dibutuhkan masyarakat. Disaat ini sedang kenceng wajibkan protokol kesehatan, mengurangi tatap muka, belajar online dan ini sangat dimanfaatkan sekali," ungkap dia.

Karena itu, pihaknya juga juga turut ikut mengawasi adanya hal-hal negatif sehibgga jangan sampai masyarakat terjebak dalam pemanfaatkan digital ini.

"Dari niatnya tadi baik jadi tidak benar karena penyampaian di konten kurang santun dan menimbulkan persepsi yang berbeda," ungkap dia.

Karena itu, ia lebih menghimbau untuk bijak saja menggunakan teknologi, manfaatkan sesuai fungsinya.

Dalam pemanfaatan teknologi ini, Kota Palembang juga akan membuat semacam aplikasi khusus data yang menjadi satu yang bisa diakses oleh masyarakat kota Palembang.

"Semua data di OPD akan kita berikan seperti misalnya dari PUPR mengenai berapa panjang jalan provinsi, jalan nasional, jumlah sungai, jumlah wisatawan, tempat wisata, termasuk juga data covid-19 dan lain sebagainya," tegas dia.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved