Breaking News:

Bahaya Ngecas HP Saat di Mobil, Bikin Ponsel Meledak Lalu Bisa Terlibat Kecelakaan

Gara-gara ngecas HP saat di dalam mobil membuat kecelakaan. Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang Mobil Toyota Innova menabrak pedagang es buah

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Gara-gara ngecas HP saat di dalam mobil membuat kecelakaan.

Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang Mobil Toyota Innova menabrak pedagang es buah di Jalan Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/5/2021).

Insiden itu bermula saat mobil yang dikendarai pria berinisial D melaju di Jalan Kramat Sentiong, tiba-tiba ponsel yang dibawa D meledak dan terbakar. Hal itu membuatnya panik dan hilang kendali.

“Ponselnya sedang dicas dengan power bank. Tapi posisinya ditaruh di casing ikat pinggang. Dia langsung panik karena ponselnya tiba-tiba keluar asap dan meledak,” ucap Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jaya Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi, dikutip dari megapol, Kamis (20/5/2021).

Pengemudi itu pun tidak dapat mengendalikan laju kendaraan sehingga oleng ke kiri dan menabrak pedagang es buah dan ruka yang ada di lokasi tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, yang namanya mengemudi itu harus siap dengan segala macam kondisi, semuanya harus dipikirkan matang-matang baik buruknya.

“Utamanya barang-barang yang menempel di dirinya harus dipastikan tidak akan mengganggu saat mengemudi dan tidak membahayakan proses mengemudi,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Sony memberi contoh dari kasus tersebut, seperti handphone (HP), sekecil apapun benda itu tetap akan mengganggu proses mengemudi.

“Ketika berdering, ada pesan atau telepon masuk, apalagi di sini kasusnya sambil ngecas. Paling tidak pengemudi terpengaruh untuk menjawab atau melihat, bahkan bisa sampai meledak dan terbakar,” kata dia.

Hal ini tentu akan menimbulkan kepanikan pengemudi yang konsentrasinya terpecah. Sebab, fokus utamanya pasti refleks melepas dan menjauhkan ponsel tersebut dari dirinya.

Halaman
12
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved