Breaking News:

Presiden Turki Erdogan Ngamuk ke Joe Biden, Buntut Amerika Serikat Dukung Israel Serang Palestina

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan pernyataan bernada keras yang ditujukan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Editor: Moch Krisna
Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan pernyataan bernada keras yang ditujukan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Erdogan menyebut, tangan Joe Biden "berlumur darah" karena mendukung Israel dalam konflik dengan Palestina di Jalur Gaza.

Selama beberapa bulan terakhir, Erdogan padahal berupaya memperbaiki hubungan dengan pihak Washington dan menjangkau sekutu Barat lain setelah berselisih keras selama setahun.

"Anda sedang menorehkan sejarah dengan tangan yang berlumuran darah.

Anda memaksa kami untuk mengatakan ini. Kami tak bisa diam lagi mengenai hal ini," kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (18/05/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joe Biden akan berbicara dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu terkait kekerasan yang dilakukan Israel.

Ketika ditanya terkait akan bergabung dengan seruan internasional lain yang mendukung gencatan senjata di Israel, Biden hanya menjawab, "Saya akan memberi tahu Anda setelah itu."

Vokal membela perjuangan Palestina selama pemerintahannya selama ini, Erdogan mendapat dukungan dari seluruh Timur Tengah.

Pekan lalu, Erdogan berjanji menggalang dukungan dunia untuk membela Gaza dan mengatakan Israel sedang melakukan "terorisme".

"Hari ini kita menyaksikan Biden menandatangani penjualan senjata ke Israel," kata Erdogan, Senin mengacu pada laporan media AS tentang pengiriman senjata baru yang disetujui oleh pemerintahan Biden

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved