Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Salat Ied di Lubuklinggau Besok, Masing-Masing Jamaah Berjarak 1 Meter

Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau Sumsel akan menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau Salat Id pada,  Kamis besok pagi, (13/5/2021).

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Sejumlah petugas saat melakukan pengecatan line shaf persiapan salat Idul Fitri di Masjid Agung As-Salam. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau Sumsel akan menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau Salat Id pada,  Kamis besok pagi, (13/5/2021).

Sejumlah persiapan tata cara pelaksanaan Salat Ied dengan mengedepankan protokol kesehatan (Proses) pun sudah dipersiapkan panitia masjid dan Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau.

Sejak pagi para petugas telah mempersiapkan kesiapan Prokes dengan melakukan pengaturan jarak masing-masing jamaah baik di dalam masjid hingga diluar masjid sebagai antisipasi ramai jamaah yang datang.

Baca juga: Jatuh Dari Truk Saat Angkut Sampah, Ahman Petugas Kebersihan DLH Lubuklinggau Meninggal Dunia

"Masing-masing jamaah kita atur jarak 1 meter sementara untuk kedepan dengan belakang jaraknya kita atur 3 meter," ungkap Kakanmenag Kota Lubuklinggau Abdul Haris Putra pada Tribunsumsel.com, Rabu (12/5/2021).

Menurutnya, pengaturan jarak tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Lubuklinggau, meskipun saat ini status Kota Lubuklinggau berada pada zona oranye bukan zona merah seperti wilayah Palembang.

"Line shaf yang kita buat ini untuk meluruskan shaf supaya tidak terjadi penumpukan, kalau dalam masjid sudah jelas, karena lurusnya shaf salah satu keutamaan shalat supaya tidak menumpuk," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua 1 Pengurus Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Lutfi Ishak mengatakan pelaksanaan salat Id selama ini jarak shaf salat biasanya hanya 75 CM, saat pelaksanaan diatur jarak hingga 1 meter perorangan.

"Jadi biasanya kapasitas kita dibagian dalam mampu menampung 4.000 jama'ah nanti paling hanya 1.000 jamaah bagian bawah dan 500 jama'ah lantai dua," paparnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Lubuklinggau Terus Turun

Kemudian, pihak masjid juga menyiapkan thermo gun hand sanitizer dan tempat cuci tangan, nanti petugas akan mengaturnya masuk secara satu persatu bagi yang tidak memakai masker tidak diperbolehkan masuk.

"Setiap jama'ah kita minta untuk membawa masker sendiri dan membawa sajadah sendiri, bagi yang sakit kita minta untuk tidak datang dan shalat di rumah saja," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved