Breaking News:

Penanganan Corona

Sumsel Masuk 5 Provinsi dengan Peningkatan Kasus Covid-19 Tinggi, Ini Sebabnya

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut, kasus Covid-19 naik di 11 provinsi

Editor: Wawan Perdana
KOMPAS.COM/ Kristianto Purnomo
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut ada lima provinsi mengalami kenaikkan kasus covid-19 yang tajam 

TRIBUNSUMSEL.COM-Sumatra Selatan (Sumsel) bersama empat provinsi lain di Indonesia mendapat perhatian ekstra dari pemerintah pusat.

Sebab lima provinsi ini mengalami lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi dibandingkan daerah lain.

Lima provinsi itu yakni Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Aceh dan Kalimantan Barat.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut, kasus Covid-19 naik di 11 provinsi.

Dari angka tersebut, 5 provinsi di antaranya mengalami peningkatan yang cukup tajam.

"Dari 30 provinsi yang melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro, 11 provinsi mengalami tambahan konfirmasi harian dengan 5 provinsi yang meningkat cukup tajam," kata Airlangga usai rapat terbatas bersama presiden dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/5/2021).

Ia menyebut, kenaikan ini turut dipicu oleh masuknya pekerja migran ke Tanah Air.

Baca juga: Mutasi Virus Covid-19 Asal India Masuk Sumsel Sejak Januari, Penularan 3 Kali Lebih Cepat

"Dan sebagian itu akibat dari datangnya pekerja migran," ujarnya.

Menurut Airlangga, kenaikan kasus Covid-19 menyebabkan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) di rumah sakit rujukan virus corona pada 7 provinsi meningkat menjadi lebih dari 50 persen.

Rinciannya yaitu Sumatera Utara 63,4 persen, Riau 59,1 persen, Kepulauan Riau 59,9 persen, Sumatera Selatan 56,6 persen, Jambi 56,2 persen, Lampung 50,8 persen, dan Kalimantan Barat 50,6 persen.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved