Breaking News:

Berita Palembang

Perdana di Sumatera, Operasi Tulang Teknik Bedah Beku, Dilakukan di RS Siloam Sriwijaya Palembang

Yang kita lakukan, limb salvage surgery pada proksimal humerus yaitu operasi penyelamatan ekstremitas dengan teknik cryosurgery. Jadi kita bekukan den

TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Dokter Spesialis Orthopedi Konsultan Onkologi dr. Primadika Rubiansyah, SpOT(K)-Onk juga foto tulang yang dibekukan dan dipotong. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rumah Sakit (RS) Siloam Sriwijaya Palembang baru-baru ini telah berhasil melakukan operasi limb salvage surgery pada proksimal humerus dengan teknik cryosurgery.

Teknik cryosurgery atau dengan teknik bedah beku, untuk di Indonesia merupakan teknik yang terbilang baru untuk operasi tulang tumor ganas.

Bahkan untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) digadang-gadang merupakan yang pertama dilakukan teknik cryosurgery ini. Bukan hanya di Sumsel, bahkan pertama di Pulau Sumatera.

Tribun Sumsel mewawancarai secara khusus Dokter Spesialis Orthopedi Konsultan Onkologi dr Primadika Rubiansyah, SpOT(K)-Onk yang merupakan dokter yang bisa teknik cryosurgery.

"Itu operasi yang perdana di Pulau Sumatera, jadi bukan hanya di Sumsel tapi perdana di Pulau Sumatera untuk lengan atas," kata dr. Primadika saat di RS Siloam Sriwijaya Palembang, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, teknik cryosurgery ini caranya, tulangnya dibekukan sampai suhu minus 180 derajat celsius. Dengan dibekukan tersebut diasumsikan tumornya mati, namun protein-protein tulang masih hidup.

Dokter Primadika menceritakan telah melakukan operasi limb salvage surgery pada proksimal humerus, pada kasus kondrosarkoma yaitu suatu tumor ganas dari tulang rawan, berada pada tulang lengan atas di bagian sendi bahu.

"Yang kita lakukan, limb salvage surgery pada proksimal humerus yaitu operasi penyelamatan ekstremitas dengan teknik cryosurgery. Jadi kita bekukan dengan nitrogen cair," katanya.

Jadi tulangnya diangkat tumornya bersihkan dari sel-sel tumornya. Lalu didapatkan tulang yang masih kokoh, karena Alhamdulillah tulangnya si pasien ini masih kokoh dan cukup kuat untuk dilakukan cryosurgery.

Lalu tulangnya dibekukan sampai suhu minus 180 derajat celsius. Dengan dibekukan tersebut diasumsikan tumornya mati, namun protein-protein tulang masih hidup. Jadi direndam dalam nitrogen cair selama 20 menit, dengan suhu minus 180 derajat celsius.

Halaman
123
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved