Breaking News:

Kembali Tebar Keberkahan Ramadan, YBM PLN Resmikan Rumah Cahaya Indonesia di Kota Palembang

Rumah Cahaya Indonesia merupakan rumah komunitas yang ditujukan mengadakan kegiatan positif kepada anak-anak di lingkungan sekitarnya.

ISTIMEWA
Launching Rumah Cahaya Indonesia di Lorong Enggano, 26 Ilir, Kecamatan. Ilir Barat I, Kota Palembang, Kamis (6/5/2021). Kegiatan ini bagian rangkaian kegiatan Ramadhan Ceria bersama YBM PLN. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebelumnya, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) membagikan 100 paket berbuka bagi warga dhuafa di kawasan Tanjung Rawo dan menggelar acara bertajuk 'Belanja Bareng Anak Yatim Dhuafa' di Mall Transmart beberapa hari lalu.

Hari ini, Kamis (6/5/2021) bertempat di lorong Enggano, 26 Ilir, Kecamatan. Ilir Barat I, Kota Palembang, dilaksanakan Launching Rumah Cahaya Indonesia sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Ramadhan Ceria bersama YBM PLN.

Rumah Cahaya Indonesia merupakan rumah komunitas yang ditujukan mengadakan kegiatan positif kepada anak-anak di lingkungan sekitarnya. Rumah komunitas yang didirikan sejak Februari 2021 itu didirikan oleh komunitas mahasiswa Generasi Cahaya Pintar (GENCAR) yang merupakan binaan YBM PLN S2JB.

Berangkat dari inisiatif para mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa YBM PLN yang ingin menyalurkan manfaat dan keilmuan yang telah didapat selama menjadi penerima beasiswa sebelumnya kepada masyarakat luas dan anak-anak penerima beasiswa YBM PLN lainnya.

General Manager PLN UIW S2JB yang diwakili oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, Ikhwan Fahri dalam sambutannya mengatakan bahwa terwujudnya Rumah Cahaya Indonesia di Kota Palembang ini sebagai bagian dari komitmen PLN melalui Yayasan Baitul Maal untuk hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus hadir dan menjadi pendorong bagi kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat," ungkap Fahri.

Dirinya juga menjelaskan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN ini merupakan lembaga yang mengelola dana zakat, ibfaq fan sodaqoh dari para pegawai PLN.

Salah satu wujud nyata penyaluran dana infaq dan sodaqoh yang dihimpun dari para pegawai tersebut adalah seperti Rumah Cahaya Pintar yang telah diresmikan tersebut.

Beberapa aktivitas yang dilakukan di Rumah Cahaya Indonesia selain sebagai Sekretariat YBM PLN, tempat Ini dipakai sebagai Rumah Tahfidz "Nurul Qolbi" bagi penghafal Al-quran, Rumah Tahsin sebagai kelas mengaji yang diperuntukkan kepada penerima beasiswa YBM PLN, Kelas Desain grafis bagi remaja dan anak muda usia produktif dari kalangan masyarakat dhuafa juga Kelas Fotografi bagi remaja dan anak muda usia produktif dari kalangan masyarakat dhuafa.

Setidaknya 83 anak-anak kurang mampu telah mendaftar dan pembelajaran akan dimulai pada awal Juni 2021.

Acara juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah "Lomba Ramadhan Ceria" yang telah dilaksanakan secara daring mulai 1 - 6 Mei 2021 untuk 3 kategori lomba antara lain Lomba Da'i dan Da'iah, Lomba Puisi Islami dan Lomba Hafalan Juz 30. Masing-masing juara 1,2,3 mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan. Selanjutnya dilakukan dengan pembagian 50 paket sembako untuk warga sekitar Rumah Cahaya Indonesia.

"Dengan adanya Rumah Cahaya Indonesia di Palembang ini, semoga dapat mendorong terciptanya generasi muda yang islami, berakhlak mulia serta memiliki keterampilan produktif, sehingga nantinya penerima beasiswa dapat terjun ke dunia kerja dengan berbekal ilmu dan akhlak," tutup Ikhwan Fahri. (SCC News)

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved