Breaking News:

Berita Palembang

Sudah Dilarang Mendagri, Hotel Masih Sediakan Paket Buka Puasa Bersama, Ini Penjelasan PHRI

Surat Mendagri ini sifatnya umum sehingga PHRI menunggu surat edaran dari walikota atau bupati bupati masing-masing se-Sumsel.

ISTIMEWA
Buka puasa di Hotel Aryaduta Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merevisi surat edaran tentang larangan buka bersama saat Ramadan dan halal bihalal saat Idul Fitri 1442 Hijriah menjadi pembatasan.

Revisi dilakukan pada 4 Mei 2021, hari yang sama dengan hari penerbitan surat pertama.

Pembatasan kegiatan buka puasa bersama tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah lima orang selama Ramadan 1442 H.

Dalam surat itu, Tito melarang seluruh pejabat atau ASN di pemerintahan daerah melakukan open house atau halal bihalal saat Idul Fitri karena berkaca dari lonjakan covid-19 tahun lalu.

Surat edaran pembatasan buka puasa bersama ini ditanggapi sejumlah hotel di Palembang serentak dengan tetap menyediakan paket buka puasa.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiudin mengatakan Surat Mendagri ini sifatnya umum sehingga PHRI menunggu surat edaran dari walikota atau bupati bupati masing-masing se-Sumsel karena berbeda daerah berbeda zona penyebaran covid-19.

Selama belum ada edaran pemerintah daerah dari masing-masing kabupaten kota maka hotel tetap diperbolehkan menyediakan paket buka puasa bersama.

"Hotel masih menyediakan buka puasa bersama tapi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat," ujar Herlan Aspiudin, Rabu (5/5/2021).

Sementara itu Director of Sales Aryaduta Hotel Palembang, Mopriantika mengatakan hingga kini Hotel Aryaduta masih menyediakan paket buka puasa bersama karena larangan buka itu diubah menjadi pembatasan.

"Terkait dengan surat edaran dari Pemerintah Kemendagri mengacu surat revisi kita tetap akan melaksanakan kegiatan buka Puasa sesuai dengan pembatasan dan protocol kesehatan sambil menunggu kebijakan pemerintah lokal," ujar Mopri.

Baca juga: BBPJN Sumsel Pastikan Jalan Dalam Kota Mulus Jelang Lebaran Idul Fitri 1442 H

Baca juga: Kertapati Masuk Zona Kuning Covid, Polsek Kertapati Dirikan Posko dan Buat Program 3 T

Sementara itu ujar Assistant Director of Sales di Harper Palembang, Ardani Januar mengatakan akan mendukung kebijakan pemerintah yang mengatur pembatasan buka puasa Ramadan tahun ini sembari menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan Walikota Palembang.

"Sekarang hotel Harper tetap menyediakan buka puasa bersama dan menunggu kebijakan Walikota Palembang terkait pengetatan buka puasa bersama," ujar Ardani.

Publik Relation Hotel Santika Radial, Anggi mengatakan memang tidak menggelar halal BI halal. Rencananya memang ada namun karena adanya edaran tersebut launching paket halal BI halal akhirnya dibatalkan.

"Sekarang kita masih menyedikan buka puasa bersama tapi jika ada edaran benar-benar dilarang uang muka reservasi buka puasa akan dikembalikan ke pelanggan dan saat ini masih menunggu edaran walikota Palembang," ujar Anggi.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Hartati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved