Breaking News:

Satgas Minta Masyarakat Jangan Panik, Varian Baru Corona B.1.617 dari India Masuk ke Indonesia

Saya meminta kepada masyarakat untuk tidak panik," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/5/2021).

New York Times
Caption kasus COvid-19 Di India 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Pemerintah telah mengumumkan bahwa varian virus corona B.1.617 sudah masuk ke Indonesia.

Meski begitu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak panik, namun tetap waspada.

"Kita harus waspada karena varian corona yang berasal dari India yaitu B.1.6.17 telah masuk ke Indonesia.

Saya meminta kepada masyarakat untuk tidak panik," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/5/2021).

Untuk mencegah meluasnya penyebaran virus, Wiku meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak merupakan bentuk perlindungan diri yang wajib diterapkan untuk mencegah penularan virus mutasi.

Bersamaan dengan itu, kata Wiku, pemerintah mengantisipasi penyebaran varian baru virus ini dengan mengawasi masuknya pekerja migran Indonesia yang tiba dari luar negeri.

 Salah satunya, yaitu dengan melakukan serangkaian tahapan penapisan bagi seluruh pekerja migran yang baru tiba di Tanah Air.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, pengawasan dilakukan dengan melibatkan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) dan Kapolda di seluruh wilayah.

"Hal ini dilakukan untuk memudahkan kontrol terhadap TKI yang pulang ke Tanah Air sekaligus mencegah adanya oknum yang melakukan pelanggaran terkait prosedur kedatangan ke Tanah Air," kata Wiku.

Sebelumnya diberitakan, tiga varian virus corona dari luar negeri telah masuk ke Indonesia.

Ketiganya yakni varian B.1.1.7 asal Inggris, varian mutasi ganda B.1.617 asal India, serta B.1.351 yang berasal dari Afrika Selatan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ada varian B.1.617 ditemukan pada dua kasus positif Covid-19 di Jakarta.

"Iya benar demikian (B.1.617 di Jakarta dan B.1.351 di Bali)," ujar Nadia, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (3/5/2021). Nadia juga membenarkan bahwa ada 13 kasus positif Covid-19 di Indonesia yang disebabkan penularan varian B.1.1.7.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Varian Corona B.1.617 Masuk ke Indonesia, Satgas Minta Masyarakat Tak Panik", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/05/05/06350041/varian-corona-b1617-masuk-ke-indonesia-satgas-minta-masyarakat-tak-panik.
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Dani Prabowo

Editor: Moch Krisna
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved