Breaking News:

Ramadhan 2021

Ini Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Seluruh Keluarga, Lengkap Arti Bahasa Indonesia

Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan

Editor: Wawan Perdana
tribunsumsel.com/khoiril
ilustrasi zakat : Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Pembayaran zakat fitrah tahun 1442 H atau 2021 bisa dilakukan secara langsung atau melalui online.

Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Besaran zakat fitrah menurut ukuran sekarang adalah adalah 2,5 kg. Demikian menurut mazhab Maliki dan Syafi'i.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, pembayaran zakat, infaq, sedekah bisa dilakukan secara online. Apalagi saat pandemi Covid 19 seperti ini semua pembayaran bisa melalui e-commerce, m-banking dan aplikasi aplikasi e-money lainnya.

Kepala Kantor Kemenag Palembang H Deni Priansyah SAg MPdI meminta para pemberi zakat (muzakki) harus lebih cermat saat memilih mengeluarkan zakat melalui e-commerce, aplikasi digital dan lainnya.

“Silakan mengeluarkan zakat melalui e-commerce atau pembayaran digital lainnya. Apalagi sekarang bayar melalui tatap muka kan masih pandemi Covid 19 jadi bisa dilakukan dengan teknologi yang ada tapi perlu diingat juga harus cermat,” jelasnya, Jumat (23/4/2021).

Maksud cermat disini adalah pembayar zakat (muzaki) harus melihat lagi apakah tempat dia mengeluarkan zakat, sedekah , infaq itu apakah jelas agar tidak tertipu.

“Penerimanya harus jelas, kalau misal mengeluarkan lewat perbankan ini lembaga penyalurnya siapa. Intinya harus bekerjasama langsung dengan lembaga lembaga zakat yang diakui pemerintah seperti, Baznas, Lazismu, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa,” jelasnya.

Baca juga: Download PDF Panduan Lengkap Membayar Zakat Fitrah dan Mal, Cara Menghitung, Hukum dan Dalil

Berikut ini bacaan niat zakat fitrah:

1. Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved