Breaking News:

Berita Palembang

Sumsel Sudah Masuk Musim Pancaroba, Hujan Hingga Intensitas Deras Bisa Terjadi

Dilihat dari pola angin monsun, yang sudah mulai ada perubahan. Saat ini, perubahan pola angin monsun Australia sudah mulai masuk wilayah Indonesia.

tribunsumsel.com/khoiril
Saat ini Sumsel sudah masuk musim pancaroba tetapi masih hujan. Ini penjelasan BMKG. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Wilayah Sumsel, saat ini sudah masuk musim peralihan atau pancaroba. Di awal Mei ini, BMKG SMB II Sumsel melihat sudah ada perubahan pola angin yang masuk ke wilayah Indonesia khususnya Sumsel.

Kasi Data dan Informasi BMKG SMB II Sumsel Veronica Shinta Andriyani menjelaskan, pancaroba merupakan musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

"Dilihat dari pola angin monsun, yang sudah mulai ada perubahan. Saat ini, perubahan pola angin monsun Australia sudah mulai masuk wilayah Indonesia," katanya Sabtu (1/5/2021).

Dengan adanya perubahan pola angin yang terjadi saat ini, memang sudah terindikasi masuk musim pancaroba. Di musim pancaroba ini, tidak menutup kemungkinan peluang hujan dengan itensitas ringan hingga lebat dan merata bisa saja terjadi.

Terkadang, hujan sekali waktu terjadi ketika saat panas terik, tiba-tiba langsung mendung dan turun hujan. Biasanya, hujan turun juga disertai dengan angin kencang dan juga petir.

Hal ini, bisa terjadi karena pengaruh dari faktor cuaca regional lain yang dalam kondisi tertentu tiba-tiba aktif. Terlebih, saat ini gelombang atmosfer Rossby yang membawa uap air memang sedang aktif di Sumatera bagian Selatan.

"Dari itulah, menyebabkan hujan hari ini tiba-tiba hujan yang sebelumnya panas. Ditambah dengan pola angin yang konvergensi atau mengumpul, membuat itensistas hujan terbilang lebat," pungkasnya.

Ikuti Kami di Gooogle Klik

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved